Cara Main Saham Online, Pemula Wajib Tahu 7 Hal Ini

Tempias.com – Bursa Efek Indonesia terus kedatangan investor baru untuk bermain saham. Direktur Utama BEI menyebutkan per 17 Januari 2021 lalu, jumlah pemain saham sudah mencapai 4,1 juta akun investor. 

Dari jumlah akun ini, jumlah investor aktif yang bermain saham di pasar modal mencapai 94.000 akun per hari. 

Jumlah 4,1 juta ini menunjukkan semakin banyak investor yang berusaha memahami cara bermain saham. Pasalnya usia investor baru yang bermain saham ini sebagian besar masuk dalam kategori milenial. 

“Bila kita flashback pada 2016 masih di bawah 1 juta, masih 894.000. Saat ini sudah 4 juta hampir 4,1 juta,” katanya. 

Besarnya jumlah investor baru ini kemungkinan akan terus bertambah seiring penambahan jumlah penduduk usia bekerja di Tanah Air. Bahkan puncaknya dalam perkiraan statistik akan dimulai 10 tahun lagi. 

Untuk itu, calon investor yang ingin bermain saham di pasar modal harus memiliki sejumlah pengetahuan untuk memastikan keuntungan maksimal ataupun kerugian seminimal mungkin. Dalam pasar saham, maka semua keputusan investasi akan langsung berdampak seketika. Untuk itu investor harus selalu berupaya melindungi dirinya sendiri. 

 

BACA JUGA : Update Daftar Saham Blue Chip 2021 dan Bidang Usahanya

 

Lalu apa saja yang harus disiapkan investor untuk main saham? 

  1. Tujuan main saham

Pasar modal menawarkan keuntungan tidak terhingga atas setiap investasi yang dilakukan, demikian juga sebaliknya, lantai bursa tidak memberi ampun pada investor yang tidak memahami tindakannya. Untuk itu kuasai sebanyak mungkin informasi akan perdagangan saham. 

Ada banyak istilah yang digunakan dalam pasar modal, namun pada intinya belilah perusahaan yang baik dengan kondisi keuangan yang sehat. 

  1. Memiliki rekening sekuritas

Untuk dapat main saham, maka terlebih dahulu harus membuka rekening di perusahaan sekuritas atau broker. Berdasarkan data BEI, terdapat 97 broker saham yang aktif dalam perdagangan saham pada Kamis, 11 Februari 2021. 

Meski jumlah broker puluhan, pilihlah sesuai dengan rencana investasi. Misalkan ingin main saham dengan HP, maka pilih broker yang teknologi aplikasinya paling ringan dan tidak banyak gangguan. 

Lainnya, jika ingin main saham secara eksklusif dan dilayani oleh petugas khusus dari broker, maka pilih manajer investasi atau broker yang memiliki kriteria seperti ini seperti broker-broker milik asing khusus untuk nasabah besar. 

Khusus untuk broker yang kuat dalam aplikasi, maka biasanya biaya membuka rekening untuk main saham dimulai dari Rp 100 ribu. Meski begitu jumlah biaya pembukaan rekening ini berbeda-beda pada setiap sekuritas. Perusahaan broker yang menyasar ritel ini biasanya juga lebih fleksibel saat membuka rekening yakni hanya mengisi formulir online dan copy-nya kemudian dipaketkan melalui pos.  

  1. Ketahui Hari dan Jam Buka Bursa Saham

Transaksi di Bursa Efek Indonesia hanya dilakukan pada hari kerja dan jam tertentu. Saat ini di tengah pandemi Covid-19, jam buka Bursa Efek Indonesia terdiri dari dua sesi

    • Jam buka bursa sesi I atau pagi mulai pukul 09.00 sampai 11.30 WIB
    • Jam buka bursa sesi II dimulai pukul 13.30 dan tutup pukul 15.00 WIB. Khusus hari Jumat, sesi II dibuka pukul 14.00

Dengan ketentuan ini maka pembelian perdagangan di luar jam bursa seperti hari Sabtu atau Minggu tidak dapat dijalankan. Meski begitu, sejumlah perusahaan sekuritas memberi fasilitas antrean bagi investornya. Perintah jual atau beli saham yang dimasukkan pada hari Sabtu, Minggu atau hari libur ini akan berjalan otomatis saat pasar dibuka.   

 

BACA JUGA : Aplikasi Main Saham Terdaftar OJK 2021, Milik 10 Broker Teraktif

 

  1. Investasi Vs Trading

Cara main saham sendiri terdapat dua aliran besar yang saling berjauhan. Aliran pemain saham terbesar adalah para investor dengan tujuan trading atau jual beli dalam jangka waktu cepat. Para investor yang main saham dengan tujuan trading ini hanya berpatokan para arus uang masuk dan keluar. Artinya kinerja jangka panjang perusahaan yang dibeli bukan poin utama dalam investasi saham para trader. 

Sejumlah faktor yang digunakan adalah rata-rata pergerakan saham 5 hari, 20 hari hingga 60 hari untuk menentukan posisi beli dan jual saham yang akan diperdagangkan.

Sedangkan untuk investor fundamental, fokus yang dilakukan adalah memeriksa kinerja keuangan perusahaan. Investasi dilakukan pada perusahaan yang memiliki utang rendah, kas kuat dan rajin membagikan dividen sebagai keuntungan bagi pemilik.

  1. Transaksi per Lot

Besaran investasi saham sendiri relatif sangat murah tergantung saham yang diicar. Setelah memahami kinerja saham yang akan dibeli dan memiliki rekening sekuritas, pemain saham dapat memasukkan order beli atau jual dalam aplikasi dalam hp yang sudah terinstal. 

Untuk investasi saham dilakukan per lot. 1 lot saham terdiri dari 100 lembar. Artinya jika melakukan investasi pada saham seharga Rp60 per lembar, maka investasi yang dibutuhkan hanya Rp6.000 untuk satu lot. Dengan modal awal Rp 100 ribu, maka investor sudah dapat memiliki saham sebanyak 15 lot. 

Namun untuk saham lain, seperti BBCA, 1 lot sekitar Rp 34.400, artinya untuk investasi 1 lot BCA membutuhkan dana di dalam rekening sekuritas Rp 3,44 juta atau Rp 51 juta jika ingin punya 15 lot.

 

BACA JUGA : Profil Emiten di BEI

 

  1. Biaya Trading

Para investor yang memfokuskan main saham untuk trading, maka dalam setiap aksinya harus memperhatikan biaya trading. Pasalnya biaya ini dibebankan oleh broker entah investor untung atau rugi yakni biaya beli atau biaya jual. Rata-rata biaya trading sekuritas berkisar pada 0,5 persen dibulatkan untuk jual dan beli. Sejumlah sekuritas menentukan biaya di bawah itu. 

Artinya jika aktif keluar masuk pada suatu saham, biaya transaksi ini harus ditambahkan agar tidak rugi. 

  1. Fokus pada saham blue chip

Pasar modal adalah medan investasi yang tidak kenal ampun. Untuk itu para investor pemula yang ingin bermain saham mengutamakan investasi awal pada saham-saham blue chip. 

Saham ini adalah emiten yang paling likuid di bursa efek Indonesia atau bahasa lainnya paling sering diperjual belikan oleh investor. Bursa Efek Indonesia mengelompokkan emiten ini dalam indeks IDX30. Meski begitu, tingkat margin saham blue chip relatif rendah dibanding saham-saham lapis kedua

Jadi, untuk investor pemula, pastikan saat main saham membatasi risiko sekecil mungkin dan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan memahami mekanisme cara bursa efek Indonesia bekerja.

One thought on “Cara Main Saham Online, Pemula Wajib Tahu 7 Hal Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *