Prospek Saham EDGE, Bidang Usaha & Profil Indointernet

Tempias.com – PT Indointernet Tbk. ditetapkan Bursa Efek Indonesia menggunakan kode saham EDGE dalam proses pencatatan sahamnya (IPO) pada 8 Februari 2021.

Indointernet (EDGE) didirikan oleh Toto Sugiri, Inovator Data Center Indonesia.

EDGE dalam prospektusnya menjalankan kegiatan usaha sebagai penyelenggara internet service provider (ISP). Bisnis penyelenggara ISP ini sudah dijalankan oleh perusahaan sejak 1994 melalui akta pendirian Indointernet No. 57/1994 dihadapan notaris Soekaimi.

Kantor pusat Indointernet (EDGE) saat IPO diselenggarakan terletak di Jl. Rempo No. 11, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

 

BACA JUGA : Update Daftar Saham Blue Chip 2021 dan Bidang Usahanya

 

Akta pendirian telah disahkan Menteri Hukum dan HAM berdasarkan Surat Keputusan No.C2-10.436.HT.01.01.TH.94 tanggal 7 Juli 1994. Juga telah didaftarkan dalam buku register pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Timur di bawah No.472/Leg/1994 tanggal 2 September 1999, serta telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No.91 tanggal 15 November 1994, Tambahan No.9173 (“Akta Pendirian”).

ISP adalah perusahaan penyedia jasa akses bagi konsumen untuk terhubung ke internet atau berbagai media online lain. Bisnis ISP lumrah disebut dengan provider internet. Pesaing EDGE dalam bisnis ISP seperti Indihome milik Telkom, IM2 dari Indosat hingga para provider seluler.

Dalam prospektusnya, EDGE menyebutkan juga menyelenggarakan usaha aktivitas telekomunikasi dengan kabel, hosting dan manajemen fasilitas komputer lainnya. Indointernet juga merupakan perusahaan holding.

EDGE menyebutkan berdasarkan survei Market and Tax Survey Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) per 15 Mei 2020, perseroan merupakan penyelenggara komputasi awan swasta terbesar di Tanah Air. Indointernet merupakan mitra Alibaba di Indonesia.

 

BACA JUGA : Ini Kode Transfer Bank Syariah Indonesia (BRIS), Kode SWIFT & Call Center Terbaru Agar Tidak Salah Kirim Uang

 

Hingga 31 Agustus 2020, jumlah pelanggan ISP EDGE terdiri dari 5.166 pelanggan personal dan 2.820 pelanggan perusahaan. Bisnis pelanggan mereka seperti keuangan, logistik, fintech, hingga e-commerce.

Indointernet juga menyelenggarakan layanan konektivitas di Jalan Jendral Sudirman, MH Thamrin, Rasuna Said hingga TB Simatupang. Perseroan juga bekerjasama menyelenggarakan ISP untuk di dalam Kawasan Industri MM2100, serta kawasan perumahan Kota Bumi  Parahayangan, Padalarang, Bandung.

Melalui anak usahanya, EDGE juga menjalankan dua pusat data center. Pusat data center ini terletak di DKI Jakarta dan Tangerang Selatan. Dua pusat data ini masing-masing beroperasi pada 2001 dan 2011. Kapasitas data center ini sudah termanfaatkan hingga 99 persen.

Sebelum IPO EDGE dilaksanakan, struktur pemegang saham terdiri dari Otto Toto Sugiri (48,6 persen), Han Arming Hanafia (21,9 persen), Bing Moniaga (18,9 persen), Marina Budiman (4,8 persen), Sanjaya (2,7 persen), Halim Soelistio (2,4 persen), Agustinus Haryawirasma (0,4 persen), dan Sudjiwo Husodo (0,3 persen).

Dalam IPO ini, EDGE melepas 20 persen saham yang dikeluarkan dari portepel atau setara 80,81 juta lembar  saham. Dalam pengumuman KSEI, saham EDGE akan dilepas dengan harga Rp 7.373 per lembar. Sehingga dari gelaran IPO EDGE ini akan diraih dana segar Rp 595,97 miliar.

 

BACA JUGA : Daftar Saham Milik Asabri 2021 dan Bidang Usahanya, dari Bank Neo (BBYB), FIRE Hingga ASJT

 

 

Saat saham portepel dilepas, para pendiri EDGE juga akan mencatatkan sahamnya di BEI sehingga saham yang beredar menjadi 404,05 juta lembar.

Perusahaan yang juga terafiliasi dengan kelompok  Toto Sugiri ini sebelumnya juga melaksanakan IPO untuk PT DCI Indonesia Tbk. (DCII). Emiten yang menyelenggarakan bisnis hosting dan aktivitas terkait lainnya itu melaksanakan IPO pada 6 Januari 2021 lalu.

Sementara itu, EDGE dalam prospektusnya mengungkapkan 90 persen dana yang didapatkan akan diberikan sebagai pinjaman kepada perusahaan anak yakni EDG yang akan membangun Edge Data Center (EDG). Lainnya, sebanyak 6 persen untuk belanja modal dan 4 persen sisanya untuk modal kerja.

Dalam menjalankan fungsi sebagai holding, EDGE memiliki anak usaha PT Net Soft (kepemilikan 99,52 persen), PT Wiratapura Indo Parahyangan (kepemilikan 60 persen), PT Ekagrata Data Gemilang (calon penerima pinjaman membangun data center dengan kepemilikan 99,83 persen), dan perusahaan kabel bawah laut Fast Speed Networks Pte. Ltd. melalui Net Soft (100 persen).

Dalam prospektusnya, perseroan menyatakan akan memenuhi kebijakan dividen sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan. Khusus untuk tahun buku 2020, Setelah Penawaran Umum Perdana Saham dilakukan, Direksi Perseroan berencana untuk membagikan dividen kepada pemegang saham Perseroan dengan nilai sebanyak banyaknya 20  persen dari laba bersih tahun buku yang bersangkutan.

 

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi Indointernet (EDGE)  berdasarkan Akta No. 122/2020 sebagai berikut:

Dewan Komisaris PT Indointernet Tbk. (EDGE)

Komisaris Utama PT Indointernet Tbk. (EDGE): Otto Toto Sugiri

Komisaris PT Indointernet Tbk. (EDGE): Edwin Prawiro Pranoto Djojosoesilo

Komisaris Independen PT Indointernet Tbk. (EDGE): Indri Koesindrijastoeti Hidayat

 

Direksi PT Indointernet Tbk. (EDGE)

Direktur Utama PT Indointernet Tbk. (EDGE): Djarot Subiantoro

Direktur PT Indointernet Tbk. (EDGE): Den Tossi Ishak

Direktur PT Indointernet Tbk. (EDGE): David Tandianus

Direktur PT Indointernet Tbk. (EDGE): Karla Winata

 

JADWAL IPO PT Indointernet Tbk. (EDGE) 8 FEBRUARI 2021 

Tanggal Efektif 28 Januari 2021
Masa Penawaran Umum 1 – 2 Februari 2021
Tanggal Penjatahan 4 Februari 2021
Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan 5 Februari 2021
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik 5 Februari 2021
Tanggal Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia 8 Februari 2021
Nilai Nominal Saham Rp 50,-
Harga Penawaran Saham Rp 7.375,-
Jumlah Saham yang ditawarkan 80.810.000 unit
Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek PT BCA Sekuritas
Gerai Penawaran Umum PT Adimitra Jasa Korpora, Rukan Kirana Boutique Office, Jl. Kirana Avenue III Blok F3 No. 5, Kelapa Gading, Jakarta 14250

One thought on “Prospek Saham EDGE, Bidang Usaha & Profil Indointernet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *