Profil Tigor M. Siahaan, CEO Bank CIMB Niaga (BNGA)

Tempias.com – Tigor M. Siahaan merupakan bankir tulen Citi Bank. Ia memulai karirnya sebagai management Associate di Citi Indonesia (1995 – 2000).

Nama Tigor disebut sebagai salah satu kandidat Direktur Utama sovereign wealth fund (SWF) Indonesia. Dia bersaing dengan Ridha DM Wirakusumah hingga Arief Budiman untuk mendapat restu Presiden Joko Widodo sebagai Direktur Utama yang disaring oleh Dewan Pengawas yang diisi oleh Sri Mulyani hingga Erich Thohir.

Dalam lembaga yang bertugas menawarkan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia itu, Tigor, jika terpilih harus mengelola dana sedikitnya US$5 miliar dari pemerintah Indonesia dan investasi incarannya hingga US$15 dari sejumlah komitmen yang telah disebutkan. Dana itu jika di rupiahkan sekitar Rp280 triliun.

Lalu bagaimana profil Tigor? laman laporan tahunan Bank CIMB Niaga (BNGA) mencatat sarjana keuangan dan akuntansi dari University of Virginia, Charlottesville, Amerika Serikat itu setelah 5 tahun di Citi Indonesia berangkat menjadi Vice President – Institutional Remedial Management Group di kantor pusat Citi Bank, New York. Jabatan ini ia sandang selama 3 tahun untuk kemudian kembali ke Tanah Air.

Sesampainya di Indonesia, karir Tigor terus mendaki. Ia tercatat menjadi Country Risk Manager di Citi Indonesia (2003 – 2004), Head of Corporate and Investment Banking di Citi
Indonesia (2004 – 2008), Country Head – Institutional Clients Group di Citi Indonesia (2008 – 2011) dan kemudian Chief Country Officer di Citi Indonesia (2011 – 2015).

Setelah menjabat menjadi bankir nomor satu di Citi Indonesia, Tigor hijrah ke Bank CIMB Niaga (BNGA) mulai 2015 sebagai CEO. Jabatan itu ia sandang sampai saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *