Kurs Dolar – Rupiah Hari Ini, Spot Menguat ke Level Rp 14.030

Tempias.com – Nilai kurs dollar terhadap rupiah hari ini, Jumat, 29 Januari 2021 ditutup pada level Rp 14.030 per dollar Amerika Serikat. Nilai tukar rupiah atas dolar ini menguat 47 poin dibanding penutupan perdagangan hari sebelumnya pada level Rp 14.080.

Kurs Dollar rupiah pada perdagangan 1 Februari 2021, atau awal pekan depan diperkirakan masih dalam rentang Rp 14.000 – Rp 14.050.

Ibrahim Assuaibi Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka menuturkan penguatan mata uang garuda ditopang oleh data internal yang cukup bagus. Investor asing juga tercatat masuk ke pasar finansial dalam negeri.

Sejumlah isu yang patut diperhatikan pada pedagang forex yang mempengaruhi nilai tukar seperti kepastian stimulus fiskal Presiden AS Joe Biden. Pasar menjaga ekspektasi bahwa kesepakatan senilai US$ 1,9 triliun itu disetujui namun tidak sebesar yang diumumkan.

Kekuatan rupiah juga ditopang pernyataan dari Dana Moneter Internasional (IMF) pada Kamis, 28 Januari 2021 lalu bahwa pengeluaran fiskal diperlukan untuk membatasi dampak ekonomi dari pandemi.

Para bankir global itu menyerukan semua negara di dunia untuk memiliki kerangka kerja fiskal jangka menengah yang memastikan bahwa utang tetap berkelanjutan.

Sementara penopang rupiah di dalam negeri yakni langkah pelaku usaha mempersiapkan diri dalam upaya memperkuat perekonomian nasional.

“Proses perbaikan kondisi ekonomi akan berlanjut sepanjang 2021, tanda-tanda perbaikan dan kebangkitan ini sudah terlihat bahkan sejak kuartal terakhir tahun lalu dimana pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV/2020 diproyeksi ada pada angka minus 2,9 persen atau lebih baik dari capaian kuartal III. Dan secara keseluruhan perkiraan pertumbuhan ekonomi di tahun 2020 di angka minus 2,2 persen sampai minus 1,7 persen. Dan berharap proses perbaikan ini akan berlanjut di tahun 2021,” tulis Ibrahim dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 Januari 2021.

Optimisme akan kekuatan rupiah juga datang dari masih besarnya gelontorannya dana bantuan tunai ke masyarakat seperti bansos,  BLT, kredit untuk UMKM. Termasuk optimisme akan vaksinasi gratis yang akan di lakukan selama 15 bulan ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *