Ini Dia Penyebab Kenapa Gusi Berdarah  dan cara mengatasi

Gusi berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dijumpai.  Apabila gejala ini mulai timbul biasanya akan diikuti dengan rasa sakit atau nyeri. Namun, tak jarang pula gusi berdarah datang begitu saja tanpa disadari sebelumnya.

Pada beberapa kejadian seringkali seseorang baru tahu kalau giginya berdarah saat tersenyum atau bahkan saat bicara dengan orang lain lalu yang diajak bicara mention kalau giginya berdarah. Hal ini tentu akan membuat suasana tidak nyaman.

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat kenapa gusi berdarah. Paling umum adalah karena kekurangan cairan atau kurang minum.  Hal itu menyebabkan gusi menjadi lebih cepat kering dan kekurangan cairan. Pada level yang lebih parah bisa juga diikuti dengan kekurangan vitamin C.

Selain itu kebiasaan buruk terkait menyikat gigi juga sangat berpengaruh. Kebiasaan malas menggosok gigi, atau menggosok gigi dengan serampangan bisa membuat gusi  menjadi bermasalah dan mengalami gingivitis yang ditandai di awal sebagai gangguan perdarahan pada gusi.

Bila malas menggosok gigi bisa menyebabkan lapisan plak yang menumpuk di pangkal gigi. Karena semakin lama ia akan mengeras membuat gusi menjadi mudah berdarah.  Karang gigi yang terbentuk di pangkal gigi harus segera diangkat agar tdak membuat gusi mudah berdarah.

Cara menggosok yang salah juga menyebabkan gusi mudah berdarah seperti kebiasaan menggunakan sikat gigi yang keras atau karena terlalu keras saat menggosok. Gusi menjadi mudah berdarah dan sensitif.

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan gusi mudah berdarah. Tembakau menyebabkan gusi tidak berfungsi optimal . Merokok juga tidak baik karena bsa mengurangi kekebalan tubuh  sehngga sulit melawan bila terjad infeksi pada gusi.

 

Mengobati Gusi Berdarah

Bila melihat penyebab kenapa gusi berdarah lebih banyak disebabkan karena kelalaian sendiri maka pencegahannya bisa dilakukan dengan memperbaiki kebiasaan buruk dalam perawatan gigi. Rajin dan konsistenlah menggosok gigi dua kali sehari dan lakukan dengan cara yang benar.

Hindari menggunakan sikat gigi yang rusak dan jangan terlalu keras. Menggunakan pasta gigi yang tepat mengandung fluorida sangat bagus untuk memelihara gigi dan menghindari adanya penumpkan plak yang menyebabkan karang gigi.

Gusi yang sehat merupakan cerminan ketelatenan dan kebersihan. Jangan lupa juga untuk memastkan konsumsi air putih dan vitanim terpenugi dengan baik. Makan makanan bergizi dan sehat serta menghindari merokok dan minum minuman beralkohol  dan mengandung soda. ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *