Jenjang Karir, Cara Motivasi Tim?

Tempias.com, JAKARTA – Jenjang karir dengan tanggung jawab semakin menantang adalah cara yang paling tepat mempertahankan talenta terbaik dalam perusahaan.

David Wee dewan penasihat Institute for Advanced Studies in Complex Choices dan Avanz menyebutkan para manajer percaya bahwa peran mereka di perusahaan adalah memotivasi orang.

Namun berdasarkan penelitian Stephen Covey, kata David yang juga pernah menjadi kepala Pengembangan Kepemimpinan GE di Asia Pasifik itu, ternyata mendapatkan fakta model ini hanya bertahan sejenak.

 

“Motivasi adalah api dari dalam. Jika orang lain mencoba menyalakan api itu di bawah Anda, kemungkinan besar api itu hanya membakar sebentar,” katanya dalam laman Linkedin, Senin, 9 November 2020.

David yang pernah mengelola pusat talenta Grup Sinar Mas itu mengingatkan agar berhasil dalam mengelola ti, maka seorang manajer harus memberikan 4 jenis lingkungan yang menjadi penggerak.

CARA MEMOTIVASI TIM

Lingkungan yang diciptakan agar tim lebih termotivasi dalam mencapai target yakni:
1. pekerjaan yang bermakna dan menantang,
2. pembinaan dan dukungan perangkat untuk sukses,
3. akuntabilitas dan tanggung jawab,
4. penghargaan dan pengakuan.

 

Praktik Tambahan untuk Motivasi :

1. Ketika karyawan membutuhkan pelatihan, sumber daya, lingkungan untuk menjadi sukses – pemimpin memberikannya.
2. Jangan hanya memberi tahu orang apa yang harus dilakukan, pemimpin menetapkan tujuan, mengajukan pertanyaan untuk mencari ide, memicu kreativitas, dan mendorong karyawan untuk menemukan jawaban mereka sendiri.
3. Para pemimpin mencontohkan dan menuntut nilai-nilai diri dan timnya seperti kepercayaan, kolaborasi, rasa hormat, komunikasi, dan kinerja.
4. Para pemimpin memastikan orang-orang mendapatkan penghargaan yang didorong oleh kinerja dan jika mereka gagal mencapai tujuan, mereka mendapatkan bantuan dan diberi kesempatan kedua.

“Jadi pada saat staf Anda mendatangi Anda dengan masalah, tanyakan apa yang akan mereka lakukan dan biarkan mereka melakukannya,” katanya. .

David mengingatkan dengan ruang yang kuat menumbukan motivasi dari dalam maka hasil yang dikerjakan akan membuat kagum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *