Ingin Idealkan Berat Badan? Ketahui Dulu Indeks Massa Tubuh (IMI) Mu

Tempias.com – Berat badan ideal adalah harapan yang diupayakan setiap orang untuk menjaga tetap sehat. Namun bagaimana cara menghitung berat badan secara ideal ?

Ukuran sederhana berat badan ideal adalah postur tubuh yang terlihat tidak terlalu kurus atau terlihat terlalu gemuk. Dengan tinggi badan setiap orang berbeda, maka berat badan yang ideal juga menjadi berbeda. Selain tinggi, juga dihitung massa otot untuk menentukan berat badan yang dimiliki sudah ideal atau belum.

Untuk menghitung berat badan ideal terdapat rumus yang dapat diikuti yakni dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMI) atau lebih dikenal dengan BMI (Body Mess Index).

Untuk menghitung BMI maka dilakukan membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Penghitungan berat badan menggunakan satuan kilogram (kg), sedangkan tinggi badan dihitung dalam satuan meter (m).

Rumus untuk mendapatkan indeks massa tubuh:

IMT = Berat Badan (kg) / (Tinggi Badan (m)2

Contoh: Berat badan 80 kg dan tinggi badan 170 cm (1,70 m).

Berapakah BMI Anda?

IMT = 80/(170/100)2 = 80/2,89 = 27,68 kg/m2

Kementerian Kesehatan RI memberi klasifikasi nilai IMT adalah sebagai berikut:

< 17.0 : Sangat Kurus

17.0 – 18.5 : Kurus

18.5 – 25.0 : Normal

25.0 – 27.0 : Gemuk

> 27.0 : Sangat Gemuk

Artinya dengan berat 80 Kilogram maka dapat dikategorikan contoh kita adalah sosok yang sangat gemuk.

Dengan mengetahui nilai IMT ini maka dapat dilakukan peningkatan kewaspadaan. Dengan peringatan terkait kegemukan ini maka perlu diambil langkah untuk menjaga pola hidup sehat dan menaikkan aktivitas olahraga guna menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *