Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan dan Langkah Mendapatkan yang Terbaik

Tempias.com – Mendapat asuransi kesehatan terbaik merupakan  tujuan utama ketika membeli polis. Harapannya, dengan asuransi kesehatan ini maka tersedia seluruh pengobatan termasuk rencana perlindungan penyakit kritis

Sehingga, dengan produk asuransi kesehatan terbaik ini setiap masalah yang menimpa tubuh dapat segera dilakukan tindakan yang tepat oleh dokter. Dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik maka kekhawatiran biaya teratasi dan mendapat cakupan perlindungan yang luas. 

Namun dengan banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia, nasabah harus mencermati satu per satu ilustrasi polis yang disampaikan oleh agen asuransi. Termasuk menanyakan dengan detail apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam perjanjian. 

Namun sebelum menetapkan asuransi terbaik yang kita butuhkan terlebih dahulu harus memahami asuransi kesehatan yang tersedia di pasar. Berikut jenis-jenis asuransi kesehatan:

  • Asuransi Kesehatan Berdasarkan Metode Perlindungan Pembayaran

Terdapat dua jenis asuransi kesehatan dalam metode ini yakni cashless dan reimbursement

Asuransi kesehatan cashless  biasanya peserta diberi kartu sebagai pemegang polis yang berfungsi seperti ATM. Dalam kartu ini tercantum besaran batasan atau limit yang diterima peserta. Dengan kondisi ini maka pengobatan dapat dilakukan kapanpun sepanjang rumah sakitnya bekerja sama. 

Bentuk lainnya adalah asuransi kesehatan reimbursement. Artinya peserta membayar terlebih dahulu biaya-biaya yang timbul selama menjalani pengobatan untuk kemudian dilakukan penagihan kepada perusahaan asuransi. Akan ada verifikasi atas tagihan yang diajukan, sehingga tersedia ruang klaim ditolak. 

  • Asuransi Kesehatan Berdasarkan Layanan Perawatan

Dalam asuransi kesehatan, juga harus dipastikan jenis perlindungan seperti apakah hanya memberikan perlindungan rawat jalan dan rawat inap. Atau hanya menanggung salah satu di antara keduanya, hanya rawat inap saja maupun rawat jalan saja. 

  • Asuransi kesehatan berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Dalam membeli polis asuransi kesehatan sangat penting memahami besaran biaya yang ditanggung. Terdapat polis yang memberikan perlindungan total, namun ada juga perusahaan asuransi yang memberi batas plafon tertinggi untuk setiap kejadian berobat. Jadi pastikan paham penjelasan agen saat membeli asuransi ya. 

  • Asuransi Kesehatan berdasarkan peserta yakni kumpulan atau asuransi kesehatan individu

Jenis asuransi kesehatan juga dibedakan apakah memberi perlindungan kumpulan atau kolektif atau dihitung per individu. Ini penting karena asuransi secara berkelompok seringkali memberikan penawaran yang relatif lebih terbatas dibandingkan perlindungan individu. Kondisi ini dikarenakan asuransi kumpulan biasanya memberikan tarif premi yang lebih murah sehingga perusahaan asuransi juga memberikan penyesuaian manfaat perlindungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *