Profil Ali Mundakir, Direktur Utama Elnusa (ELSA)

Tempias.com- Ali Mundakir resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Elnusa Tbk, anak usaha Pertamina penyedia jasa energi sejak Rabu, 8 Juli 2020. Penunjukan ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2019 yang berlangsung di Graha Elnusa, Jakarta.

Elnusa merupakan cucu PT Pertamina (Persero) yang merupakan pemegang saham pengendali Elnusa dengan porsi 41,1%. Pada RUPST kali ini, selain merombak jajaran direksi dan komisaris, Elnusa juga mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp 89 miliar. Angka ini merupakan 25 persen dari perolehan laba bersih 2019 dengan capaian Rp 356 miliar.

Sebelumnya, jabatan Dirut Elnusa dipegang oleh Elizar Parlindungan Hasibuan. Selain menunjuk Ali Mundakir, RUPST juga menyepakati pergantian sejumlah posisi. Direktur SDM dan Umum, dipegang oleh Tenny Elfrida menggantikan RM Happy Paringhadi JS. Selain itu, posisi Komisaris Utama juga berpindah dari Narenda Widjajanto ke Agus Prabowo.

Sebelumnya, Ali Mundakir merupakan Direktur Utama Pertamina Geotermal Energi (PGE). Ia menamatkan pendidikan S1 di jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya pada 1991. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan S2 Teknik Mesin di University pf Auckland.

Ali Mundakir menjabat sebagai Direktur Utama PGE sejak 2018. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Operasi PT Pertamina Geothermal Energy dengan masa jabatan 2015-2018. Sedangkan sebelumnya, pada 2012-2015 ia merupakan Vice Presiden Corporate Communication di PT Pertamina (Persero).

Nama Ali Mundakir pernah muncul dalam sejarah terbentuknya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Pada 1990 sekelompok mahasiswa Unibraw disebut-sebut melakukan diskusi kecil di Masjid Unibraw yang memunculkan  gagasan untuk mengadakan simposium dengan tema Sumbangan Cendekiawan Muslim Menuju Era Tinggal Landas. Ujung dari diskusi panjang itu adalah terbentuknya ICMI dipimpin Baharuddin Jusuf Habibie yang saat itu juga menjabat sebagi menristek.

Keterlibatan Ali Mundakir di ICMI berlanjut hingga sekarang. Saat ini, dalam kepenguruan ICMI periode 2015-2020 ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal ICMI di bawah kepemimpinan Profesor Dr. Jimly Asshiddiqie.

Susunan Komisaris dan Direksi Baru

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Agus Prabowo
Komisaris : Antonius Ratdomopurbo
Komisaris Independen : Anis Baridwan
Komisaris Independen : Lusiaga Levi Susila

Direksi
Direktur Utama : Ali Mundakir
Direktur Keuangan : Hery Setiawan
Direktur SDM & Umum : Tenny Elfrida
Direktur Pengembangan Usaha merangkap Direktur Operasi (Direktur Independen): Arief Riyanto.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *