Google Clasroom Hendak Diujicoba di NTB, Apa Itu Google untuk Pendidikan

Image: https://edu.google.com/

Tempias.com – Google Clasroom akan digunakan oleh Pemerintah Nusa Tenggara Barat untuk mendukung belajar siswa di kawasan itu.

Lalu apa itu layanan Google Classroom ?

Dilansir dari laman https://edu.google.com/, Google Clasroom merupakan dukungan teknologi pendidikan bagi siswa untuk mendapatkan akses informasi dan pengetahuan setara meski sekolah di pedalaman atau kota.

Aplikasi Google Classroom ini bertujuan untuk memberikan pengalaman baik kepada siswa SD, SMP maupun SMA untuk meraih pengetahuan dengan berbagai fitur kolaboratif di dalam Google for Education.

Fitur ini tidak hanya membantu siswa namun juga membekali semua siswa dengan cara baru yang lebih menarik untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat meraih keberhasilan.

Dalam lamannya Google menyebutkan penggunaan Google Clasroom tidak hanya mempersonalkan pengalaman belajar namun juga membantu siswa memahami masalah abad 21 dan bagaimana cara memecahkannya.

Produk Google for Education juga mudah diterapkan, digunakan, dan dikelola. Disebutkan dengan beberapa klik, administrator IT dapat menyiapkan perangkat baru dan mengelola kebijakan di seluruh bagian sekolah atau distrik. Pengelolaan otomatis berbasis cloud mempermudah proses dan memastikan semua pengguna selalu mendapatkan info terbaru.

Pihak Google menyebutkan penggunaan G Suite dan Classroom gratis untuk sekolah. Sedangkan  Chromebook dapat digunakan bersama memperluas manfaat teknologi dengan mudah dan terjangkau bagi lebih banyak siswa.

“Hadir dengan dukungan 7×24 jam dan pengamanan berlapis untuk menjaga siswa serta data tetap aman,” ulas Google dalam penjelasannya.

Dalam Google For Education sendiri terdapat beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan sekolah yakni:

  • G-Suite for Education,
  • Classroom sebagai Aplikasi Interaksi Kelas
  • Perangkat Pendidikan dengan Google Chromebook.
  • Virtual reality dan augmented reality di setiap sekolah
  • Google Cloud, serta
  • Jamboard, yakni papan tulis interaktif antara siswa dan pengajar sehingga dapat dimanfaatkan dari mana saja.

Selain itu, Google Classroom juga mendukung Peningkatan Mutu Pengajaran dengan menggunakan Google yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan sekolah. Diantaranya adalah Program Pelatihan dan Sertifikasi untuk Pengajar, dan Komunitas Pengajar Google (Google Educator Group).

Sementara itu dilamannya, Google Edu menyebutkan aplikasi ini juga dimungkinkan untuk daerah yang tidak terhubung ke internet dengan menyediakan content untuk dibutuhkan siswa. Untuk konten tanpa internet ini telah dilakukan di Afrika, Timur Tengah, dan India.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *