Memilih Cat untuk Kamar Anak, Perhatikan 6 Hal Ini

TEMPIAS.COM- Menentukan cat untuk kamar anak  memang susah-susah gampang. Sepintas terlihat sederhana, tinggal  pilih warna cat, bayar, lalu cat ke dinding. Nyatanya, urusan percatan ini tak sesimpel itu. J
Beberapa persoalan biasanya muncul setelah cat terpasang. Para orang tua rumah baru tersadar akan beberapa hal seperti kenapa cat kamar anak yang sudah terpasang menjadi penuh bercak, ekspektasi warna yang tidak memenuhi keinginan, cat mudah terkelupas, atau persoalan lainnya. Masalah paling mengesalkan apabila si kecil justru tidak antusias atas pilihan warna cat kamar yang sudah terpasang.

Berbagai persoalan dalam urusan cat rumah ini biasanya terjadi karena kurangnya riset dan cek ricek sebelum melakukan pengecatan. Bisa jadi juga karena kurang eksplore tentang warna cat kamar yang diinginkan si kecil.  

Agar urusan pengecatan menjadi lebih aman dan nyaman, memenuhi hasil yang diharapkan. Ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih cat untuk kamar anak. Oiya, hal lain yang perlu diperhatikan bahwa urusan cat untuk kamar anak ini tak hanya soal pemilihan warna, dan estetika. Hal lain yang tak kalah penting adalah bagaimana menghadirkan cat kamar anak yang bisa memberi energi positif dan bisa membuat anak tenang dan nyaman.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih cat untuk kamar anak:

Tentukan Tema Kamar Anak

Tema kamar anak perlu ditentukan di awal untuk menyesuaikan dengan desain dan juga pemilihan warna. Tema ini juga berkaitan dengan kegemaran dan hobi anak. Cat kamar anak yang bisa mewakili hobi dan kegemaran bisa saja akan membuat si kecil menjadi lebih bersemangat.
Selain itu, kamar yang mengakomodir imajinasi si kecil akan memberi aura positif dan membantu menjaga mood anak. Tema yang bisa dipilih seperti: luar angkasa; deep sea; rain forest, adventure, peta dunia dan traveling

Warna Cat Kamar

Setelah menentukan tema, saatnya mulai memadu-padankan warna cat untuk kamar anak. Padupadankan terdiri dari warna utama dan kombinasi warna. Pergunakanlah warna utama sesuai dengan tema yang sudah dipilih. Seperti biru muda untuk deep sea; hijau untuk rain forest, dan peach untuk flower.

Selanjutnya padu padankan beberapa warna yang dapat menunjang warna utama. Bisa dengan metode gradasi warna, atau dengan kombinasi beberapa warna.

Cat Kamar Anak

Penggunaan Cat Dasar/Cat Primer

Jangan lupakan cat dasar. Yup. Bila menginginkan hasil maksimal maka sebaiknya aplikasikan cat dasar terlebih dahulu sebelum menggunakan cat utama. Penggunaan cat dasar akan membuat rumah menjadi lebih kuat.

Cat dasar juga akan membuat dinding rumah  terbebas dari alkali. Meski begitu kita harus tahu bahwa beberapa merek cat biasanya sudah dilengkapi dengan cat dasar sehingga bisa diaplikasikan sekaligus. Karena itu, pastikan kita sudah mengenali pasti spesifikasi dan kandungan dari cat yang akan dibeli dan dipakai.

Tentukan Tipe Cat Kamar Anak

Untuk cat kamar anak pastikan kita memilih cat untuk interior ya. Meski bagi orang awam tak ada beda cat interior dan eksterior, tetapi sesungguhnya keduanya sangat berbeda. Cat eksterior biasanya lebih mengutamakan kualitas untuk menahan perubahan cuaca. Sedangkan cat interior mengandalkan ketajaman warna dan daya tahan cat.

 Bila ingin agar cat kamar anak mudah dibersihkan, pilihlah jenis cat berbahan silky yaitu cat berbahan dasar emulsi dengan tampilan setengah kilap sehingga lapisan catnya licin, halus, dan mudah dibersihkan. Cat berbahan silky biasanya juga lebih tahan lumut dan tidak mudah berjamur.

Cat Anti Bakteri

Pilih Cat Anti Bakteri

Cat anti bakteri akan menjaga anak terbebas dari penyakit.  Selain menimbulkan berbagai penyakit, bakteri pada dinding juga bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Beberapa jenis bakteri berbahaya yang sering menempel pada cat seperti bakteri Staphylococcus Aureus, penyebab penyakit kulit, infeksi luka bedah, dan radang paru-paru, bakteri Escherichia Coli, penyebab diare, kejang perut, dan gagal ginjal.

Agar dinding terhindar dari bakteri kita harus rajin membersihkan kamar. Selain itu, juga perlu memilih cat anti bakteri. Saat ini produsen cat tidak hanya menawarkan keberagaman warna-warna indah, tetapi mulai memerhatikan kesehatan lingkungan sehingga banyak bermunculan cat dengan formula anti bakteri.

Untuk mendapatkan cat anti bakteri yang berkualitas coba gunakan Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands yang merupakan cat dinding premium dengan formulasi anti bakteri dan anti kuman. Bila cat sudah anti bakteri maka kamar anak akan menjadi semakin nyaman. Selama lapisan cat masih menempel pada dinding, zat anti bakteri akan terus bekerja secara efektif dan dapat menekan pertumbuhan bakteri.

 Cat tanpa bau dan anti bakteri, Lenkote No Odor Medicare ini tentunya sangat cocok jika diaplikasikan pada ruangan seperti kamar bayi, kamar orangtua yang sudah lanjut usia, kamar orang yang sedang dalam pemulihan kesehatan, kamar mandi, dapur, atau ruangan lainnya yang membutuhkan suasana sehat dan bersih.

Cat Berkualitas

Ide kamar yang cemerlang tak akan berarti tanpa dieksekusi dengan cat tembok dengan kualitas terbaik. Karena itu sebelum membeli perhatikan bahwa cat yang akan diboyong pulang adalah yang cat berkualitas.
 Cat berkualitas tidak hanya anti bakteri tetapi juga memiliki pilihan warna yang banyak dan tidak mudah mengelupas. Lenkote No Odor Medicare adalah cat tembok premium dengan formulasi anti bakteri dan anti kuman sehingga menciptakan ruangan yang aman dari pertumbuhan bakteri dan higienis bagi keluarga Anda, terutama untuk  kamar anak maupun bayi. Cat ini juga aman untuk anak dan bayi. Dan yang paling penting warnanya tidak mudah pudar.
Selain itu, Lenkote No Odor Medicare juga diproses dengan teknologi tinggi sehingga cat tembok ini tanpa bau dan ramah lingkungan. Lenkote No Odor juga bersertifikat Green Label Singapore yang merupakan sertifikasi produk ramah lingkungan dengan kadar VOC – Volatile Organic Compound rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *