Tips Perawatan Trafo Berdasarkan Skala Waktu




Transformator yang bisa disingkat sebagai trafo adalah suatu perangkat yang berguna untuk mengubah tegangan listrik menjadi tinggi ke rendah. Salah satu pengubahan yang dimaksud adalah mengubah tegangan listrik dari 220 VAC ke 12 VAC. Sedangkan fungsinya dalam menaikkan tegangan listrik dari 110 VAC menjadi 220 VAC. Perlu dilakukan perawatan dari jasa perawatan trafo minimal sekali setahun.

Ada dua macam skala perawatan yang perlu dilakukan untuk bisa membuat umur penggunaan trafo menjadi panjang. Anda perlu untuk melakukan setiap perawatan tersebut guna mendapatkan performa trafo yang baik. Anda sudah penasaran dengan jenis perawatan berdasarkan skala waktunya, maka Anda perlu simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Beberapa Jenis Perawatan Trafo Berdasarkan Skala Waktu


Trafo yang dipakai dan tidak mendapatkan perawatan secara rutin bisa mengalami masalah, baik breathing maupun turunnya tegangan oli. Kedua masalah tersebut akan langsung teratasi saat Anda sudah memanggil mekanik handal dari Sewatama untuk memperbaiki dan mengawasi potensi kerusakan pada trafo yang ada. Beberapa jenis perawatan yang perlu dilakukan ada dua macam berikut ini.

1.   Pemeliharaan Trafo dengan Skala Waktu 1 Tahun Sekali

Jenis perawatan pertama yang perlu dilakukan setahun sekali berupa pemeriksaan bagian luar trafo, sambungan kabel, pembersihan isolator, pembersihan tangki, dan pembersihan radiator trafo, serta fungsi overall. Pada pembersihan bagian luar trafo akan meliputi banyak hal, seperti kondisi tangki, kondisi mur baut, las-lasan, dan mekanik akan memastikan tidak ada kebocoran akibat korosi.

Sambungan kabel juga harus diperiksa baik pada bagian terminal maupun pertanahan trafo. Bahkan, mekanik juga perlu untuk melakukan pengecatan ulang dari body trafo guna hindari korosi. Hal-hal tersebut harus dilakukan secara rutin setiap tahun.

2.     Pemeliharaan Trafo dengan Skala Waktu 3 Tahun Sekali

Jika Anda sudah rutin melakukan jenis pemeliharaan trafo yang pertama, maka setiap tiga tahun sekali akan dilakukan pengecekan akan banyak hal oleh mekanik. Beberapa hal yang akan dicek yaitu suhu operasi trafo saat keadaan beban maksimal, tinggi permukaan oli trafo, dan kualitas dari silica gel.

Perawatan secara rutin dengan jenis skala waktu tertentu harus dilakukan oleh mekanik yang handal. Perawatan rutin akan bisa mencegah terjadinya ledakan trafo maupun penurunan performa. Anda bisa mendapatkan seluruh perawatan itu hanya melalui perusahaan kami.

Comments