Mendedah Peluang Bisnis Fintech dari Capaian Kredivo

Tempias.com , JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan telah menetapkan Oktober sebagai bulan inklusi keuangan. Peringatan ini untuk mend...




Tempias.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan telah menetapkan Oktober sebagai bulan inklusi keuangan. Peringatan ini untuk mendorong masyarakat tidak hanya tahu tentang layanan keuangan namun juga menjadikan fasilitas ini jadi bagian gaya hidup.

Teknologi finansial atau biasa dikenal dengan financial technology (Fintech) merupakan salah satu jalan untuk mendorong percepatan peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Pada 2019 ini OJK memperkirakan tingkat pemahaman masyarakat akan layanan keuangan yang digunakan mencapai 65%.

Melihat terus tumbuhnya kesadaran masyarakat akan layanan keuangan ini terkonfirmasi dari capaian Kredivo. Layanan peer to peer landing yang berdiri semenjak 2016 lalu itu menyebutkan saat ini 60% pengguna merupakan nasabah baru. 

"Kredivo telah membuka akses kredit pertama bagi lebih dari 60% dari total penggunanya sejak berdiri pada tahun 2016," jelas Umang Rustagi - Co-Founder & COO Kredivo dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Jumat (18/10/2019).

Umang menyebutkan terdapat pergeseran prilaku di tengah masyarakat yang menegaskan bisnis layanan keuangan berbasis digital akan terus tumbuh. Saat ini kemudahan yang ditawarkan melalui teknologi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

“Pergeseran perilaku dan preferensi konsumen keuangan menuju layanan digital dengan memanfaatkan penggunaan teknologi dan internet menjadi peluang bagi para pelaku industri fintech untuk turut mendorong inklusi keuangan di Indonesia," katanya.

Umang menjelaskan dari nasabah yang baru pertamakali meminjam itu, sebanyak 85% merupakan pengguna dengan usia 18-35 tahun.
 

Peluang juga terus terbuka karena saat ini tingkat penetrasi kartu kredit di Indonesia masih menjadi yang terendah di kawasan Asia Tenggara. Tercatat penetrasi kartu kredit baru berada di kisaran 2%. Bandingkan dengan Malaysia yang mencapai 20% dan Singapura 40%.

Umang menambahkan Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan teknologi untuk mempercepat koneksi antar wilayah. Kehadiran ekosistem keuangan digital menghadirkan solusi yang tidak terbatas pada ruang dan waktu, terutama dari aspek intermediasi dan distribusi layanan keuangan yang lebih efisien. 

"Untuk itu, ke depan kami akan terus berinovasi dan berkontribusi untuk memberikan akses kredit yang terjangkau, praktis dan aman sehingga tujuan peningkatan akses masyarakat kepada layanan keuangan dapat tercapai,” tutup Umang.

Berdasarkan data OJK pada Agustus 2019, jumlah penyaluran pinjaman yang dikucurkan oleh fintech mencapai Rp49,79 triliun rupiah atau meningkat 119,69% dibanding dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Selain itu, fintech lending juga telah memberikan kontribusi sebesar Rp60 triliun atau setara dengan US$ 4,5 miliar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

 
Perlu diketahui Kredivo digerakkan secara eksklusif oleh FinAccel, perusahaan teknologi finansial berbasis Singapura. Perusahaan induk ini didukung oleh investor terkemuka seperti Square Peg Capital, MDI Ventures, Jungle Ventures, Openspace Ventures, serta beberapa investor lainnya. Kredivo terdaftar dan diawasi oleh OJK di Indonesia. 

COMMENTS

Name

About,1,ads,2,APP Sinar Mas,1,Asuransi,12,Berita Nasional,17,Bursa Efek,8,Finance,82,Fintech,2,Gaya Hidup,13,Insurance,8,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,9,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,2,Peluang Usaha,8,Properti,1,Startup,64,Teknologi,12,
ltr
item
Tempias: Mendedah Peluang Bisnis Fintech dari Capaian Kredivo
Mendedah Peluang Bisnis Fintech dari Capaian Kredivo
https://1.bp.blogspot.com/-2CacDIiSXh8/XakZu7q1z7I/AAAAAAAAG-U/ptxrlTnDqEYB-NRMOXyWgOw1YywT9A7OQCLcBGAsYHQ/s320/hands-with-different-payment-methods_23-2147674924.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2CacDIiSXh8/XakZu7q1z7I/AAAAAAAAG-U/ptxrlTnDqEYB-NRMOXyWgOw1YywT9A7OQCLcBGAsYHQ/s72-c/hands-with-different-payment-methods_23-2147674924.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2019/10/mendedah-peluang-bisnis-fintech-dari.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2019/10/mendedah-peluang-bisnis-fintech-dari.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy