Melihat Bisnis Model iCar Asia yang Akusisi Carmudi Rp42 Miliar

Tempias.com -- Situs layanan jual beli kendaraan online, Carmu di akan diakusisi oleh iCar Asia, yang berkantor pusat di Kualalumpur Mal...


Tempias.com -- Situs layanan jual beli kendaraan online, Carmudi akan diakusisi oleh iCar Asia, yang berkantor pusat di Kualalumpur Malaysia, senilai US$3 juta atau sekitar Rp42 miliar. 

Aksi korporasi itu sendiri diperkirakan akan rampung pada 15 Oktober 2019 mendatang. Lalu siapa dan bagaimana bisnis iCar Asia sehingga ekspansinya sampai ke Indonesia?

iCar Asia merupakan bagian dari bisnis yang didirikan oleh Patrick Y-Kin Grove (44 tahun). Pengusaha internet dan media yang lahir di Singapura pada 1975 silam.

Selain iCar Asia, kepak sayap Grove juga dijalankan melalui Catcha Group, iProperty Group, Rev Asia, serta iFlix.


BACA JUGA : Bagaimana Memburu CoFounder Startup (1/2)

iCar Asia (ASX:ICQ), yang tercatat pada bursa Australia, berdasarkan laman resminya telah beroperasi di sejumlah negara besar di Asia Tenggara semenjak 2012. Situs jual beli kendaraan ini memiliki total kunjungan 8 juta uniqvisitor setiap bulan dari sejumlah situs yang dijalankan. Sedangkan penduduk Asia Tenggara sebagai potensi pasar mencapai 600 juta jiwa.

Saat ini model bisnis oleh iCar melalui situs lokal pada masing-masing negara. Di Malaysia, iCar Asia menggunakan alamat situs Carlist.my serta Life Live Drive.

Untuk Indonesia mereka telah hadir terlebih dahulu melalui mobil123 dotcom, serta Otospirit. Sedangkan di Thailand jaringan portal jual beli mobil daring ini menjalankan bisnisnya dengan One2Car dotcom, Autospin dan Thaicar dotcom.


Baca Juga : Sumber Terpercaya Memilih Co-Founder Startup (2/2)

Hingga September 2019 berdasarkan laporan ke bursa Australia, iCar menyebutkan bisnis mereka tumbuh dengan kuat. Tercatat pertumbuhan rata-rata mencapai 20%. Rinciannya kenaikan untuk segmen penjualan mobil baru (17%) dan 22% pada penjualan mobil bekas.

Tahapan Membangun Situs Jual-Beli Kendaraan ala iCar Asia
Masih berdasarkan informasi yang disampaikan pada bursa Australia per September 2019, manajemen menyebutkan mereka menerapkan tiga tahap untuk mengubah bisnis perusahaan tumbuh dan menjadi menguntungkan.

Tahap pertama dimulai dari menstabilkan model bisnis yang dijalankan pada 2012 hingga 2016. Pada tahap awal ini perusahaan berfokus membangun dan memperkenalkan merek di pasar. Tahun awal juga dilakukan berbagai eksperimen dalam model bisnis termasuk memperkokoh teknologi pendukung untuk kenyamanan transaksi.

Pada fase kedua yang dijalankan pada 2017-2018, iCar berfokus untuk menciptakan laba. Guna memastikan bisnis model terealisasi sempurna maka manajemen menerapkan strategi memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar, memperluas jejaring bisnis yakni dengan memulai memasarkan mobil baru, serta menyegarkan tampilan laman situs dengan menggunakan  teknologi yang semakin kuat.

Sedangkan pada 2019 dan selanjutanya fokus iCar Asia adalah pertumbuhan laba yang stabil. Target ini akan direalisasikan melalui memperkuat core business, menyiapkan bisnis tambahan diantara penyediaan mobil bekas dan mobil baru, serta meningkatkan proposisi pada dunia otomotif berbasis digital.




COMMENTS

Name

About,1,ads,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,12,Berita Nasional,17,Bursa Efek,8,Finance,82,Fintech,2,Gaya Hidup,13,Insurance,8,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,9,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,2,Peluang Usaha,8,Properti,1,Startup,63,Teknologi,12,
ltr
item
Tempias: Melihat Bisnis Model iCar Asia yang Akusisi Carmudi Rp42 Miliar
Melihat Bisnis Model iCar Asia yang Akusisi Carmudi Rp42 Miliar
https://1.bp.blogspot.com/-aGI9ozqSt-o/XYiO4xaPwLI/AAAAAAAAG5c/R4kB-gxCj9QUj-8Zjl2Kl1-tNGID1HsLACLcBGAsYHQ/s640/Screenshot_20190923-162013_Drive.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-aGI9ozqSt-o/XYiO4xaPwLI/AAAAAAAAG5c/R4kB-gxCj9QUj-8Zjl2Kl1-tNGID1HsLACLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_20190923-162013_Drive.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2019/09/melihat-bisnis-model-icar-asia-yang.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2019/09/melihat-bisnis-model-icar-asia-yang.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy