Ini 4 Penyebab Listrik Boros Saat Menggunakan AC

Di perkotaan pasti terkenal dengan cuacanya yang panas, apalagi di kota yang jarang banget ada pepohonan. Sebab itu bagi masyarakat ...




Di perkotaan pasti terkenal dengan cuacanya yang panas, apalagi di kota yang jarang banget ada pepohonan. Sebab itu bagi masyarakat yang hidup di sana sudah tak asing lagi jika mereka memasang atau menggunakan air conditioner atau yang disebut dengan AC. Mereka akan memasang AC pada ruangan untuk mengusir rasa panas di rumah, bahkan peralatan elektronik satu ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang nggak bisa dihindari lagi.

Rumah di daerah perkotaan mayoritas memiliki AC paling tidak 1 unit. Jenis AC pun beragam dari mulai AC split, AC Window, AC Central, AC Cassette, AC Standing dan masih banyak lagi jenis lainnya. Tapi sayangnya ada kabar buruk juga dari memasang AC di rumah yakni mengenai pemborosan penggunaan listrik. Hal ini terkadang terjadi karena sebagian masyarakat awam belum menyadari cara penggunaan AC yang benar. Apa saja sih penyebab pemborosan listrik dalam menggunakan AC? Kalau kamu ingin tahu terus simak artikel ini yuk!

1. Mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius

Saat ingin mendapatkan udara yang sejuk kebanyakan dari pengguna AC tak jarang mengaturnya dengan suhu rendah. Angka yang sering menjadi pilihan untuk mendapatkan udara yang sejuk adalah 16 derajat celcius supaya ruangan lebih dingin. Padahal itu adalah pilihan yang sangat fatal, sebab memilih pengaturan suhu AC dibawah 22 derajat celcius dapat memboroskan penggunaan listrik di rumah lho.

Selain itu pada suhu rendah tersebut kompresor AC membutuhkan kinerja yang lebih kuat dan berat. Sehingga dapat memperpendek kompresor pada AC juga. Solusi untuk masalah ini kamu bisa membeli AC yang memiliki ukuran PK sesuai dengan ruangan ya.





 2. Menyalakan AC saat pintu maupun jendela terbuka di ruangan




Apakah kamu tahu bahwa suhu AC akan mendinginkan ruangan sesuai dengan temperatur yang ditentukan pada remote? Oleh sebab itu, AC akan bekerja lebih efektif pada ruangan yang tertutup rapat. Kompresor AC akan kesulitan dalam mencapai temperatur yang ditentukan pada remote karena pada ruangan terdapat celah yang terbuka. Dan ini akan mempengaruhi kinerja kompresor yang lebih keras dan memakan banyak daya listrik di rumah.


3. Jarang atau tak pernah melakukan servis pada AC

Pasalnya AC perlu dilakukan servis dalam kurun waktu maksimal tiga bulan sekali. Hal seperti ini bertujuan supaya debu dan kotoran yang menempel pada komponen-komponen AC bisa bersih. Sebab banyaknya debu dan kotoran yang menumpuk pada AC akan mempengaruhi kinerja kompresor yang lebih berat juga.

Kalau biasanya AC mencapai suhu yang disetel hanya membutuhkan kecepatan 1 fan, maka dalam keadaan kotor dan banyak debu kompresor akan membutuhkan 2 hingga 3 kecepatan fan untuk mencapai suhu yang ditentukan. Lebih buruknya lagi kompresor akan menjadi rusak dan listrik semakin boros.


4. Membiarkan tirai pada ruangan terbuka saat siang hari ketika menyalakan AC

Kamu harus menutup semua tirai pada jendela saat menyalakan AC di siang hari yang sangat terik untuk mengurangi intensitas cahaya matahari. Hal seperti ini dapat membantu kinerja AC supaya lebih cepat mencapai suhu ruangan yang ditentukan pada remotnya. Dengan begitu listrik di rumah akan menjadi lebih hemat karena dalam bekerjanya kompresor AC tidak terlalu lelah dan tertekan.

Nah, itulah 4 hal yang sering terjadi dan menjadikan listrik di rumah lebih boros. Sebenarnya jika kita menggunakan peralatan listrik sesuai dengan kebutuhan nggak bakal mempengaruhi pemborosan listrik. Selain harus menghindari 4 hal di atas kamu juga bisa memiliki AC low watt murah, selain nggak terlalu memakan banyak daya listrik harga yang ditawarkannya pun juga cukup terjangkau lho! Ayo, buruan hindari penggunaan listrik yang berlebihan!



COMMENTS

Name

About,1,ads,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,12,Berita Nasional,17,Bursa Efek,8,Finance,82,Fintech,2,Gaya Hidup,13,Insurance,8,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,9,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,2,Peluang Usaha,8,Properti,1,Startup,63,Teknologi,12,
ltr
item
Tempias: Ini 4 Penyebab Listrik Boros Saat Menggunakan AC
Ini 4 Penyebab Listrik Boros Saat Menggunakan AC
https://1.bp.blogspot.com/-Iq5qGTYFVR4/XY3HFyYIBHI/AAAAAAAAG7Q/Iw9T2_luAiMgt1P9O46EOUQMgWMyDZxDACLcBGAsYHQ/s640/AC.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-Iq5qGTYFVR4/XY3HFyYIBHI/AAAAAAAAG7Q/Iw9T2_luAiMgt1P9O46EOUQMgWMyDZxDACLcBGAsYHQ/s72-c/AC.JPG
Tempias
https://www.tempias.com/2019/08/ini-4-penyebab-listrik-boros-saat.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2019/08/ini-4-penyebab-listrik-boros-saat.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy