Membuat Minyak Kelapa ala Orang Minang Solok

Minyak kelapa diyakini memiliki beragam manfaat untuk kehidupan. Jika memasak dengan minyak kelapa alami ini membuat masakan lebih w...




Minyak kelapa diyakini memiliki beragam manfaat untuk kehidupan. Jika memasak dengan minyak kelapa alami ini membuat masakan lebih wangi serta lebih tahan dari kerusakan. Selain itu disejumlah situs yang dikelola oleh para dokter disebutkan bahwa minyak kelapa membawa manfaat kesehatan bagi penggunanya.

Beberapa manfaat kesehatan ini meliputi seperti minyakkelapa diyakini dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik di dalam darah), rendah kalori sehingga lebih baik dibandingkan minyak nabati lainnya, hingga membantu mengatur gula darah. Pengaturan gula darah ini tentu sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes karena dapat meringankan upaya pengaturan gula.

Saat ini banyak toko online maupun pusat perbelanjaan moderen yang menawarkan menjual minyak kelapa. Dalam label yang ditempelkan penamaan minyak kelapa ini biasanya disebut sebagai virgin coconut oil. Akan tetapi jika sesekali ingin membuat sendiri minyak kelapa ini, proses yang dibutuhkan relatif cukup mudah untuk dipraktekan di rumah. Berikut tahapan membuat minyak kelapa di rumah:

1.       Pilih kelapa tua di pohon
Untuk mendapatkan minyak kelapa yang banyak dan baik maka bahan baku yang dibutuhkan yakni kelapa harus yang terbaik. Kelapa tua di pohon merupakan pilihan yang terbaik. Terutama kelapa tua yang berasal dari kawasan pantai.

Akan tetapi bagi kita yang berada di perkotaan dan jauh dari akses mendapatkan kelapa tua di pohon maka dapat bertanya kepada pedagang di pasar untuk memilihkan kelapa paling tua dari stok yang mereka punya.

2.       Parut dan ambil santan murni
Untuk mendapatkan minyak kelapa terbaik maka yang diolah sebaiknya adalah santan murni. Parutan kelapa tua diperas dengan mesin santan di pasar tanpa mencampurkan air seperti biasanya. Pati kelapa ini kemudian di pisah. Selanjutnya tambahkan sangat sedikit air panas ke parutan kelapa ini. Lalu peras ulang. Pemberian sedikit air panas ini agar sisa sisa pati santan yang masih melekat dapat keluar bersama air. Dengan upaya ini lebih banyak pati kelapa yang didapatkan.

3.       Masak di atas api cukup
Air pati santan dan santan yang diperoleh setelah ditambah sedikit air panas kemudian dimasukan ke dalam wadah yang sesuai dengan jumlah santan yang dimiliki. Lalu masak dengan api sedang dan di aduk terus menerus. Setelah cukup waktu yang berkisar setengah sampai satu jam maka minyak akan berpisah dari ampas. Siapkan saringan halus agar ampas tidak terbawa dalam minyak. Setelah dingin maka minyak kelapa dapat disimpan dalam wadah botol yang sudah disiapkan.

Untuk kelapa yang berasal dari pegunungan Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat untuk mendapatkan 1 liter minyak kelapa dibutuhkan 6 butir kelapa tua ukuran sedang. Sedangkan untuk daerah lainnya yang lebih dekat ke pantai maka jumlah kelapa tua di pohon yang dibutuhkan lebih sedikit.




















































COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,6,Finance,81,Fintech,2,Gaya Hidup,10,Insurance,7,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,7,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Peluang Usaha,7,Properti,1,Startup,47,Teknologi,10,
ltr
item
Tempias: Membuat Minyak Kelapa ala Orang Minang Solok
Membuat Minyak Kelapa ala Orang Minang Solok
https://1.bp.blogspot.com/-nI5nLqt2v9U/XLEiugiqTTI/AAAAAAAAGOE/lwXvLpYhxMQA87TSGA5ucj01-sPUG1q2gCLcBGAs/s320/minyak%2Bkelapa.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nI5nLqt2v9U/XLEiugiqTTI/AAAAAAAAGOE/lwXvLpYhxMQA87TSGA5ucj01-sPUG1q2gCLcBGAs/s72-c/minyak%2Bkelapa.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2019/04/membuat-minyak-kelapa-ala-orang-minang.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2019/04/membuat-minyak-kelapa-ala-orang-minang.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy