7 Momen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Cuci Tangan

Momen Cuci Tangan- Mencuci tangan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Namun, tidak banyak yang tahu dengan pasti bagaimana ...




Momen Cuci Tangan- Mencuci tangan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Namun, tidak banyak yang tahu dengan pasti bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Biasanya, mencuci tangan dilakukan dengan ringkas dan super cepat. Ambil air celupkan atau basahkan tangan lalu selesai.

Padahal sebenarnya mencuci tanganpun juga ada caranya. Hal ini perlu diketahui agar tujuan utama mencuci tangan untuk mendapatkan hiegienitas bisa tercapai. Mencuci tangan diperlukan karena tangan merupaka bagian tubuh yang paling rentan bersinggungan dengan banyak hal. Bakteri dan kuman bisa berasal dari benda apa saja yang dipegang setiap hari. Bisa dari makanan, dari kursi, dari meja, dari lantai, dari uang, dari mobil, dari gantungan saat berada di kereta, dari benda-benda yang dipegang atau dari benda apapun yang berada di sekitar dan sempat mendapat kontak dengan tangan.

Tangan juga rentan menjadi penghubung kita dengan bakteri karena kita memfungsikan tangan untuk berbagai keperluan.

Nah agar saat mencuci tangan, kita mendapatkan bersih yang sempurna maka perlu memperhatikan beberapa hal saat mencuci tangan. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi perhatian.

1.    1. Gunakan sabun.

Mencuci tangan tanpa sabun memang bisa. Namun ini hanya sekadar membersihkan dari kotoran. Agar bersih sempurna dari kotoran maka perlu dibersihkan dengan sabun. Cara penggunaannya sederhana saja. Ambil sabun lalu gosokkan ke kedua tangan sampai sabun berbuih. Buih ini kemudian dibalurkan ke seluruh bagian tangan dan kemudian dibilas hingga bersih.

Cara ini adalah cara yang biasa dan jamak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, agar hasilnya lebih maksimal maka bisa menggunakan step selanjutnya.

2.    2. Gunakan air hangat

Menggunakan air hangat akan lebih memudahkan kita dalam mengusir bakteri. Apalagi kalau tangan yang dicuci dalam keadaan berlemak misalnya terkena minyak atau setelah makan soto dan sup. Atau bahkan jenis makanan padang seperti Tunjang, kikil dan makanan lain yang berlemak.

Agar lemaknya hilang, basahi kedua tangan dengan air hangat dingin. Ini akan lebih memudahkan lemak luruh dan pergi dari tangan.

3.    Gunakan sabun khusus cuci tangan

Sekarang tak sulit menemukan sabun khusus pencuci tangan. Biasanya berbentuk cair. Sabun cair lebih memudahkan karena lebih mudah berbusa dan lebih mudah diusap ke seluruh bagian tangan. Sabun cair juga biasanya tidak terlalu berlemak seperti halnya sabun batangan. Sabun cair juga lebih mudah dibersihkan. Berbeda dengan sabun batangan yang biasanya lebih susah untuk dibersihkan dan meninggalkan bau.

Cara penggunaannya adalah ambil sabun cair cuci tangan dan balurkan ke seluruh permukaan tangan. Salah satu sabun cair yang bagus dan hiegienis adalah Sabun Cuci Tangan Antibakteri Lifebuoy. Sabun ini sangat mudah ditemukan di pasar, toko dan minimarket. Setelah itu gosok kedua telapak tangan untuk menghasilkan buih sambil mencuci telapak tangan.

  1. Cuci punggung tangan

Salah satu hal yang sering abai dilakukan saat mencuci tangan adalah mencuci punggung tangan. Orang biasanya terlalu fokus untuk mencuci bagian telapak tangan. Karena itu mulai sekarang, mulailah untuk mencuci puggung tangan saat mencuci tangan. Gunakan telapak tangan kanan untuk mencuci punggung tangan bagian kiri dan sebaliknya telapak tangan kiri untuk mencuci pungung tangan kanan.

5.    Bersihkan sela jari

Tidak hanya punggung tangan dan telapak tangan, sela jari juga perlu dibersihkan. Gunakan jari-jari satu tangan untuk membersihkan sela jari-jari tangan lainnya supaya bersih menyeluruh. Bersihkan hingga ke pangkal.

  1. Bersihkan kuku

Kuku biasanya menjadi sarang tersembunyinya banyak hal. Apalagi kalau kita makan pakai tangan. Banyak makanan yang terbawa dan tersimpan di sela kuku. Karena itu jangan lupa bersihkan sela kuku saat mencuci tangan. Biar bersih bisa menggunakan brush khusus yang berukuran kecil.

7.    Gunakan air mengalir

Air mengalir akan membuat tangan lebih mudah bersih dibanding dengan air yang sudah ditampung dalam bak atau dalam tempat pencuci tangan. Itulah kenapa tempat yang paling nyaman untuk mencuci tangan adalah westafel.

Itulah dia beberapa cara mencuci tangan yang baik sehingga bisa membuat tangan menjadi lebih bersih. Biasanya menggunakan cara ini sehingga tubuh terlindungi.

Nah kapan harus mencuci tangan? Tentu saja mencuci tangan perlu dilakukan kapanpun dan dengan momen apapun terutama pada saat akan makan.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,13,Bursa Efek,6,Finance,81,Fintech,2,Gaya Hidup,11,Insurance,7,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,8,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,2,Peluang Usaha,8,Properti,1,Startup,49,Teknologi,10,
ltr
item
Tempias: 7 Momen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Cuci Tangan
7 Momen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Cuci Tangan
https://2.bp.blogspot.com/-NKj8yg1gUU0/XLEk7L55AJI/AAAAAAAAGOQ/br7Lhd0cw9AtdvIKuzpz-LqhrIS6BRZrgCLcBGAs/s320/cuci%2Btangan%2Bsabun.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-NKj8yg1gUU0/XLEk7L55AJI/AAAAAAAAGOQ/br7Lhd0cw9AtdvIKuzpz-LqhrIS6BRZrgCLcBGAs/s72-c/cuci%2Btangan%2Bsabun.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2019/04/7-momen-penting-yang-harus-diperhatikan.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2019/04/7-momen-penting-yang-harus-diperhatikan.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy