7 Tren Industri Event dan Hiburan 2019 Menurut Startup Loket

Foto : Ilustrasi Tempias.com , JAKARTA -- Industri event dan hiburan diyakini akan terus tumbuh di 2019. Lalu tren apa saja yang harus ...

Foto : Ilustrasi

Tempias.com, JAKARTA -- Industri event dan hiburan diyakini akan terus tumbuh di 2019. Lalu tren apa saja yang harus diperhatikan para pelaku bisnis bidang ini.

Perusahaan rintisan (startup) Loket yang sudah 5 tahun mengembangan aplikasi untuk industri ini memberikan insight soal tren dan arah perkembangan industri hiburan di 2019.

Ario Adimas, VP Marketing Loket mengungkapkan bahwa secara garis besar industri hiburan saat ini terus menunjukkan pertumbuhan positif.

“Dengan cakupan yang sangat luas seperti film, festival dan konser musik, ajang pesta olahraga, MICE, atraksi hiburan dan bidang ekonomi kreatif lainnya, industri hiburan memiliki potensi sebagai salah satu kekuatan bagi industri kreatif Indonesia yang di saat bersamaan juga turut berkontribusi bagi perekonomian nasional," kata Dimas dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Jumat (1/2/2019).

Berikut arah perkembangan bisnis event dan hiburan menurut Loket:


1. Masyarakat semakin terbiasa memperoleh kemudahan dengan teknologi

Inovasi yang kian maju dan berkembang semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjelajah event-event baru secara lebih cepat dan personal.

“Tren ini sudah mulai terlihat di tahun lalu, dimana penjualan tiket di LOKET melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan. Laju pertumbuhan untuk setiap kategori juga sangat positif. Untuk penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500%, penjualan tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%,” kata Dimas.


2. Konsep O2O (Online-to-Offline) akan semakin dikenal luas.

Konsep ini memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang tidak terlalu dekat dengan pembayaran digital. Kemudahan yang dihadirkan dalam konsep ini secara perlahan juga mendorong konsumen semakin akrab dengan teknologi layanan pembelian tiket online.



3. Data analytic semakin berperan
Proses ini sangat strategis dalam membuka konversi baru penyelenggaraan event.  Melalui data analytic, Event Creator akan mendapatkan gambaran secara tepat mengenai banyak hal, seperti waktu terbaik untuk menjual tiket, kota yang menjual tiket terbanyak, tipe pembayaran yang paling banyak digunakan hingga produk favorit yang dibeli selama acara berlangsung. Data yang dianalisis adalah data penyelenggaraan event yang sudah berlangsung.

4. Generasi Millenial Konsumen Strategis

Merujuk pada data Badan Ekonomi Kreatif dalam laporan OPUS Outlook 2019, pada tahun 2016 kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap perekonomian nasional tercatat sebesar 7,44 persen dan diproyeksikan akan terus meningkat.



“Film, animasi dan video bahkan masuk ke dalam sektor dengan pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 10,09%, serta seni dan pertunjukkan sebesar 9,54%. Sementara itu, musik tercatat sebesar 7,59%. Saya optimis industri hiburan dapat terus menunjukkan pertumbuhan positif ke depan dan menjadi kekuatan baru bagi industri kreatif Indonesia,” jelas Ricky Joseph Pesik dari Badan Ekonomi Kreatif.


Mendukung fakta tersebut, positifnya pertumbuhan industri ini tidak lepas dari pertumbuhan generasi milenial usia 20 - 35 tahun yang jumlahnya mencapai 63 juta sebagai konsumen terbanyak industri hiburan. Jumlah tersebut merupakan pasar terbesar bagi industri hiburan hingga beberapa tahun kedepan. Kelas ini juga membuat teknologi pembayaran cashless akan semakin populer.


5. Event Creator akan memiliki komunikasi lebih baik dan terlibat langsung dengan konsumen akhir melalui smartphone.

6. Konsep self-service, yang diperkenalkan Loket pada pertengahan tahun lalu juga akan membuat pengelolaan event berskala kecil dan menengah terasa lebih profesional layaknya event skala besar. seperti pada subsektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dan Theme Park,


7. Investor akan lebih banyak berinvestasi pada teknologi Ticketing Management System (TMS)  untuk mengakomodasi pengunjung.




Selain pandangan industri hiburan, Loket juga membagikan fakta-fakta menarik mengenai industri hiburan di tahun 2018. Untuk sektor film asing, kategori superhero dan science fiction menjadi tontonan favorit masyarakat.

Sedangkan tujuh film terpopuler yang dipesan melalui aplikasi Gojek yakni Avenger: Infinity War, Black Panther, Aquaman, Venom, Jurassic World: Fallen Kingdom, Ant-Man And The Wasp, dan Deadpool 2. Sedangkan tujuh film populer untuk sektor film lokal adalah Dilan 1990, Suzanna: Bernapas Dalam Kubur, A Man Called Ahok, Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut, Si Doel The Movie, dan Milly & Mamet.


Sementara untuk event penjualan tiket terbanyak didominasi oleh konser dan festival musik, Celine Dion LIve 2018, DWP X, Wanna One World Tour, dan We The Fest. Kemudian disusul dengan ajang pesta olahraga dalam perhelatan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, serta event otomotif dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan Indonesia International Motor Show.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,78,Fintech,2,Gaya Hidup,10,Insurance,7,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,5,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Peluang Usaha,6,Properti,1,Startup,47,Teknologi,10,
ltr
item
Tempias: 7 Tren Industri Event dan Hiburan 2019 Menurut Startup Loket
7 Tren Industri Event dan Hiburan 2019 Menurut Startup Loket
https://3.bp.blogspot.com/-hc6UzI6ZLEc/WuPGka0Oz4I/AAAAAAAAD1w/tDRZ1pQxTCcRorIW3po0zTl4ZOlNuS3EgCPcBGAYYCw/s640/download-745161.png
https://3.bp.blogspot.com/-hc6UzI6ZLEc/WuPGka0Oz4I/AAAAAAAAD1w/tDRZ1pQxTCcRorIW3po0zTl4ZOlNuS3EgCPcBGAYYCw/s72-c/download-745161.png
Tempias
https://www.tempias.com/2019/02/7-tren-industri-event-dan-hiburan-2019.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2019/02/7-tren-industri-event-dan-hiburan-2019.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy