Memulai Usaha Bengkel, Perhatikan 4 Hal Berikut

Tempias.com -- Memulai Usaha Bengkel Motor merupakan peluang yang sangat terbuka. Usaha bengkel motor ini dapat disiasati mulai dengan...


Tempias.com -- Memulai Usaha Bengkel Motor merupakan peluang yang sangat terbuka. Usaha bengkel motor ini dapat disiasati mulai dengan modal kecil hingga sangat besar.

Artinya tidak ada batasan orang yang ingin menjalankan usaha ini. Apalagi potensinya sangat besar. Hampir sebagian besar rumah tangga menggunakan motor. Bahkan banyak di antaranya yang memiliki beberapa unit. Sebagai perbandingan di Jakarta dengan penduduk 10 juta pada 2014, jumlah sepeda motor yang terdata telah mencapai 13 juta unit.

Sudah terbayang kan betapa potensinya bisnis ini. Pasalnya seluruh sepeda motor itu minimal dalam 2 bulan pasti 1x melakukan perawatan mesin. Demikian juga dengan komponen suku cadang.

Namun seperti kata pepatah, ada gula ada semut. Demikian juga dengan bisnis bengkel sepeda motor. Ada banyak usaha yang buka namun tidak sedikit yang tutup.

Untuk itu, sebelum memulai usaha bengkel sepeda motor perhatikan beberapa hal berikut.

1. Jenis Bengkel yang Akan Dibuka
Secara garis besar ada 3 jenis bengkel sepeda motor. Ketiganya memiliki segmen pasar yang berbeda. Ketepatan membaca jenis bengkel yang akan dibuka akan memberikan kepastian pasar.

Jenis bengkel yang dibuka itu meliputi bengkel yang menjadi bagian Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Jenis bengkel ini tentu membutuhkan modal yang lumayan besar. Pasalnya sebagai bengkel resmi peralatan yang dimiliki harus selalu yang terbaru. Demikian juga dengan tenaga kerja yang terlibat, sudah harus tersertifikasi. Kelemahannya, bengkel ini mengutamakan satu jenis sepeda motor.

Selain itu ada bengkel umum. Jenis bengkel ini sangat banyak di sekitar pemukiman. Ukuran dan modal yang disediakan juga relatif. Dapat dimulai sangat minimalis hingga lengkap dengan suku cadang. Disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Bengkel yang ketiga adalah bengkel modifikasi atu custom. Jenis bengkel ini menuntut pengelola memiliki wawasan dan referensi yang luas. Banyak membaca berita otomotif terbaru untuk mengetahui perkembangan dan model modifikasi seperti di otozone online menjadi keharusan.

2. Lokasi
Sebelum memulai usaha bengkel, penentuan lokasi sangat penting. Lokasi yang cocok untuk usaha bengkel sepeda motor adalah sedekat mungkin dengan pemukiman yang ramai. Terutama perumahan yang banyak penghuninya dari golongan ekonomi sepeda motor.

Lokasi akan semakin bernilai tinggi, selain dekat dengan pemukiman juga menjadi nadi utama yang ramai dilalui kendaraan bermotor. Kawasan yang ramai dilewati sepeda motor namun tidak dekat kawasan pemukiman, maka jumlah pelanggan tetapnya sangat minimal. Kecendrungan pelanggan tidak mau repot membuat mereka akan enggan berhenti di bengkel jalan raya.

3. Tenaga ahli
Memulai usaha bengkel sangat penting memiliki tenaga yang ahli. Saat ini banyak Sekolah Menengah Kejuruan yang siswanya dibina langsung oleh pabrikan sepeda motor. Para siswa ini dapat direkrut menjadi tenaga ahli dengan sistem bagi hasil. Misalkan pendapatan tenaga ahli berasal dari persentase jasa servis. Sedangkan pemilik bengkel selain persentase juga laba dari penjualan suku cadang.

4. Peralatan yang lengkap
Untuk memulai sebuah bengkel sederhana maka dibutuhkan sejumlah peralatan seperti kunci T, kunci Y cabang 3, kunci pas ring, kunci ring, kunci bintang, kunci dan tangkai shok, kunci L, kunci Inggris, kunci busi motor 3 jenis, obeng minus dan plus, obeng ketok, tang jepit, potong, buaya, sklip buka dan sklip tutup, tang steel , alu besi dan karet, hingga pahat. Yang tidak kalah pentingnya adalah sebuah mesin kompresor untuk menambah angin ban serta membersihkan mesin ketika servis.

Setelah peralatan dasar ini terpenuhi, maka seiring waktu dapat dilakukan penambahan suku cadang hingga pelumas. Tentu yang tidak kalah penting sebelum membuka usaha bengkel adalah penyediaan dana operiasional guna penunjang usaha.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,16,Bursa Efek,6,Finance,82,Fintech,2,Gaya Hidup,12,Insurance,8,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,8,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,2,Peluang Usaha,8,Properti,1,Startup,50,Teknologi,10,
ltr
item
Tempias: Memulai Usaha Bengkel, Perhatikan 4 Hal Berikut
Memulai Usaha Bengkel, Perhatikan 4 Hal Berikut
https://2.bp.blogspot.com/-a28EocjcOiE/XCM2Tw-EZ-I/AAAAAAAAF8A/n3q13wfNlagL0bRABVg-19HXny2lI_1zgCLcBGAs/s320/usaha%2Bbengkel%2Bmotor.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-a28EocjcOiE/XCM2Tw-EZ-I/AAAAAAAAF8A/n3q13wfNlagL0bRABVg-19HXny2lI_1zgCLcBGAs/s72-c/usaha%2Bbengkel%2Bmotor.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/12/memulai-usaha-bengkel-perhatikan-4-hal.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/12/memulai-usaha-bengkel-perhatikan-4-hal.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy