Ini Fasilitas Yang Sudah Ada di KEK Galang, Kepulauan Riau

Tempias .com -- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang telah diresmikan oleh Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian Darmin Nasution ...


Tempias.com -- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang telah diresmikan oleh Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu, 8 Desember 2018.

PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) selaku Badan Usaha Pembangun dan Pengelola sekaligus sebagai pelaku usaha di KEK Galang Batang menyebutkan pihaknya telah merealisasikan investasi sebesar Rp5,6 triliun hingga Triwulan III/2018.

Santony, Direktur PT Bintan Alumina Indonesia mengatakan dirinya yakin investasi yang ditanamkan akan terus meningkat. Diperkirakan dalam 10 tahun ke depan investasi yang dapat terkumpul mencapai US$5 miliar.

"Tentu investasi ini akan berdampak positif terhadap perekonomian wilayah dan juga perekonomian nasional pada umumnya," kata Santony dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/12/2018).

Disebutkan bahwa BAI telah membangun pelabuhan dengan dermaga yang telah selesai, nilai investasinya Rp951 miliar. Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan nilai investasi Rp1,93 triliun. PLTU tahap I berkapasitas 6x25 MW ditargetkan selesai tahun 2021.

Kemudian pelaksanaan pembangunan yang berjalan berupa Alumina Refinery kapasitas produksi 2 juta ton per tahun dengan nilai investasi Rp1,65 triliun. Dan membangun Brick Factory dan Coal Gas sekitar Rp870 miliar.

Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto menjelaskan, KEK Galang Batang resmi beroperasi setelah dinilai cukup memiliki kesiapan infrastruktur, fasilitas dan kemudahan, kelembagaan dan sumber daya manusia, serta perangkat pengendalian dalam rangka pemberian pelayanan kepada pelaku usaha di dalam Kawasan.

Enoh mengatakan, sebagai Badan Usaha Pembangun dan Pengelola, perusahaan asal Tiongkok ini telah membangun jalan kawasan beserta drainase, gerbang kawasan, jaringan air bersih, kantor Administrator dan Kantor Pengelola KEK serta fasilitas keamanan.

"Sedangkan fasilitas sistem persampahan dan pemadam kebakaran disediakan melalui kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan,” kata Enoh.

Dia menjelaskan saat ini telah terpasang daya sebesar 0.8 MVA dari PLN di kantor administrator KEK Galang Batang. Juga integrasi penyambungan listrik dengan kapasitas 2x1.3 MW dari PLN. Selanjutnya, listrik Kawasan akan didukung oleh Power Plant berkapasitas 6x25 MW yang ditargetkan selesai tahun 2021.

Dalam KEK Batang Galang sendiri telah terbangun jalan dan drainase sepanjang 2,6 km dari total sepanjang 8 km. Instalasi jaringan air bersih pada area di sekitar perkantoran menggunakan sumur pompa kapasitas 60 liter/detik. Selanjutnya, kebutuhan air bersih seluruh Kawasan akan dipenuhi melalui Bendungan (Water Reservoir) kapasitas 7.518.000 m3. Pembangunan DAM Water Resevoir kapasitas 7.518.000 m3 itu nilai investasinya Rp196 miliar.

Enoh melanjutkan, bagi para investor di KEK, Pemerintah memberikan insentif fiskal dan non fiskal yang lebih menarik dibanding dengan insentif di luar KEK. Selain fasilitas tersebut, para investor juga diberi kemudahan perizinan melalui Sistem Berusaha Terintegrasi secara elektronik, yang disebut dengan Online Single Submission (OSS), serta semua pelayanan perizinan dapat dilayani di kantor Administrator KEK.

KEK Galang Batang ini merupakan KEK yang paling cepat beroperasi, yaitu proses pembangunannya tidak lebih dari 14 bulan setelah ditetapkan. KEK Galang Batang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2017 pada tanggal 12 Oktober 2017. Kegiatan Utamanya yaitu industri pengolahan bauksit dan logistik dengan luas lahan 2.333 hektare.

”KEK Galang Batang diproyeksikan menjadi kawasan dengan kegiatan utama antara lain Industri aluminium dan turunannya, dengan perkiraan investasi sebesar Rp 36,25 triliun," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution yang juga Ketua Dewan Nasional KEK.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,72,Fintech,1,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Peluang Usaha,1,Properti,1,Startup,40,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: Ini Fasilitas Yang Sudah Ada di KEK Galang, Kepulauan Riau
Ini Fasilitas Yang Sudah Ada di KEK Galang, Kepulauan Riau
https://3.bp.blogspot.com/-S_K7xJcvEU8/XAu_rItHcsI/AAAAAAAAF4I/JiqXEqrImh0x_bGfkYrPQtQtyQTHAQaHQCLcBGAs/s320/IMG-20181208-WA0003.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-S_K7xJcvEU8/XAu_rItHcsI/AAAAAAAAF4I/JiqXEqrImh0x_bGfkYrPQtQtyQTHAQaHQCLcBGAs/s72-c/IMG-20181208-WA0003.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/12/ini-fasilitas-yang-sudah-ada-di-kek.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/12/ini-fasilitas-yang-sudah-ada-di-kek.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy