4 Cara Atasi Kram Perut Yang Menyebabkan Haid Tidak Lancar

Anda mungkin sudah pernah mengalami kram pada perut sebelum dan saat pada datang haid atau sedang berlangsung. Kondisi ini yang seca...




Anda mungkin sudah pernah mengalami kram pada perut sebelum dan saat pada datang haid atau sedang berlangsung. Kondisi ini yang secara medis dinamakan dysmenorrhea, memang umum terjadi. Menurut beberapa penelitian, ketidaknyamanan ini hampir dialami semua wanita yang sedang menstruasi. 

Efek kram perut yang dialami wanita saat haid berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit, namun masih bisa menjalani aktivitas. Tapi ada juga yang mengalami dampaknya hingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Nah, Bagaimana cara menghilangkan kram perut tersebut?

Salah satu penyebab haid tak lancar ini adalah dikarenakan kram perut. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan berikut ini:

1.       Banyak Minum Air

Saat haid, Anda bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Dengan menambahkan perasan lemon ke dalamnya akan memberi rasa dan menggugah selera. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung. Namun, air bisa mengatasi perut kembung, sebuah kondisi yang bisa membuat kram terasa lebih buruk.


2.       Konsumsi Makanan Yang Sesuai

Jenis makanan yang sesuai untuk kondisi ini yaitu makanan yang rendah lemak dan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Sebisa mungkin hindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.

3.       Kompres Hangat

Anda bisa menempelkan botol berisi air panas (jangan air mendidih) ke area yang kram. Selain meredakan rasa sakit, sensasi hangat ini juga bisa membuat area yang kram terasa lebih rileks.

4.      Manjakan Tubuh Dengan Pijatan

Memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar mungkin bisa membantu meredakan sakit. Anda bisa  melakukan pijatan beberapa hari sebelum haid tiba.

Kebanyakan kasus kram perut saat haid merupakan hal yang normal terjadi dan bukanlah sesuatu yang membahayakan. Meski begitu, ada pula kram perut yang menandakan Anda memiliki gangguan kesehatan seperti endometriosis, penyakit radang panggul, atau fibroid rahim. 

Disarankan untuk mengonsultasikan ke dokter jika kram perut yang Anda alami terasa sangat sakit dan datang secara tiba-tiba, disertai demam, keluar gumpalan darah dalam jumlah banyak, atau keluar cairan vagina yang kental dan berbau busuk.


COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,72,Fintech,1,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Peluang Usaha,1,Properti,1,Startup,40,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: 4 Cara Atasi Kram Perut Yang Menyebabkan Haid Tidak Lancar
4 Cara Atasi Kram Perut Yang Menyebabkan Haid Tidak Lancar
https://4.bp.blogspot.com/-oyDmyFyVY_Q/W_gCSP8pxcI/AAAAAAAAFzE/TTJkzbG-oIEVgxCHsY3sCvwKBDwmwwbTQCLcBGAs/s640/kram%2Bperut.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-oyDmyFyVY_Q/W_gCSP8pxcI/AAAAAAAAFzE/TTJkzbG-oIEVgxCHsY3sCvwKBDwmwwbTQCLcBGAs/s72-c/kram%2Bperut.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/11/4-cara-atasi-kram-perut-yang.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/11/4-cara-atasi-kram-perut-yang.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy