5 Bulan, SMF Kucurkan Pinjaman KPR Rp1,72 Triliun ke BJB

Tempias.com --  PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF kembali melakukan kerjasama pembiayaan bagi penyaluran KPR, kepada Bank...

Tempias.com --  PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF kembali melakukan kerjasama pembiayaan bagi penyaluran KPR, kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa  Barat dan Banten, Tbk (Bank BJB).

Kerjasama tersebut direalisasikan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Direktur Sekuritisasi dan Pembiayan SMF, Heliantopo, Direktur Keuangan Bank bjb, Nia Kania, dan Direktur Konsumer dan Ritel Bank bjb, Suartini, di Kantor Pusat Bank bjb, Bandung, Selasa (30/10), dan direalisasikan efektif pada hari ini, Rabu (31/10).

Pada kerjasama ini, SMF menyalurkan pembiayaan sebesar Rp220 miliar, sehingga dengan adanya kerjasama kali ini, total pembiayan KPR yang telah disalurkan oleh SMF kepada Bank bjb di tahun 2018, hingga 31 Oktober 2018 ini telah mencapai sebesar Rp Rp1,72Triliun. Sebelumnya SMF telah mengalirkan pembiayaan sebesar Rp1,5 Triliun kepada bank bjb pada 6 Juni lalu.

Direktur SMF, Heliantopo mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen SMF dalam mendukung Program Satu Juta Rumah, melalui penyaluran pinjaman untuk perluasan jangkauan pembiayaan pemilikan rumah di seluruh Indonesia. Ia juga mengungkapkan rasa syukur atas realisasi kerjasama tersebut, ia berharap kerjasama ini dapat memotivasi BPD lainnya untuk menyalurkan KPR.

 "Ini merupakan upaya kami dalam mendorong peningkatan penyaluran oleh Bank Pembangunan Daerah guna memenuhi kebutuhan pembiayaan pemilikan rumah di Indonesia, khususnya pada wilayah BPD masing-masing. Kami berharap ini dapat mendukung ketersediaan rumah yang layak bagi masyarakat di seluruh daerah," Kata Heliantopo.

"SMF telah menunjukkan langkah sigapnya  merespon semakin tingginya demand akan kebutuhan pembiayaan kepemilikan rumah yang layak huni di seluruh daerah di Indonesia," kata Heliantopo.

Heliantopo juga berharap kedepannya Bank bjb dapat menjadi pelopor sebagai originator pertama dalam melakukan sekuritisasi KPR bagi Bank Pembangunan Daerah, sebagaimana diketahui bahwa jangkauan bank bjb saat ini sudah mencakup tingkat nasional dan berada pada urutan ke 12 dari 115 bank di Indonesia. 

"Memperhatikan volume KPR bank bjb yang cukup besar, kami melihat bank bjb memiliki potensi melakukan sekuritisas KPR dikemudian hari," katanya.

Heliantopo mengaku optimis, dengan adanya sinergi yang kuat, Program Satu Juta rumah dapat tercapai dan memberikan kontribusi luar biasa bagi kesejahteraaan masyarakat diberbagi daerah maupun bagi perekonomian Indonesia ke depan.

"Kami yakin bahwa tingginya akses penyaluran KPR oleh BPD di daerah dapat memberikan dampak positif dalam membangun serta memajukan perekonomian di masing-masing daerah. Terkait hal tersebut, dorongan dari Pemerintah daerah untuk merealisasikan hal tersebut sangat kami harapkan," ungkap Heliantopo.

Terkait sinergi dengan BPD, hingga saat ini SMF telah bekerjasama dengan 27 Bank BPD baik kerjasama untuk program pembiayaan, maupun pendampingan dan pelatihan baik secara ekslusif maupun kolektif. Untuk mendukung pengembangan kapasitas penyaluran KPR oleh BPD,  SMF bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan Asbanda telah merilis dan menyerahkan  Standar Prosedur Operasional (SPO) KPR BPD SMF, dan SPO Kredit Modal Kerja – Konstruksi Perumahan SMF (KMK – KP  SMF) kepada seluruh Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia. 

PT Sarana MultigriyaFinansial (Persero), merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tahun 2005 di bawah KementerianKeuangan, yang mengemban tugas sebagai Special Mission Vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan. SMF  memilki kontribusi penting dalam menyediakan dana menengah panjang bagi pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi, dan pembiayaan. 
Melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan, sejak awal berdirinya, SMF telah mengalirkan dana dari pasar modal ke Penyalur KPR sampai dengan September 2018 kumulatif mencapai Rp43,99Triliun, terdiri dari sekuritisasi sebesar Rp10,16 triliun dan penyaluran pinjaman sebesar Rp33,83 triliun
Terkait rencana kerja di tahun 2018,  SMF akan fokus memperkuat perannya sebagai fiscal tools Pemerintah melalui penguatan model bisnis Perseroan. Hal tersebut akan dilakukan melalui peningkatan aliran dana dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan untuk  memperluas akses terhadap sumber dana murah jangka menengah panjang.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,59,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Properti,1,Startup,32,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: 5 Bulan, SMF Kucurkan Pinjaman KPR Rp1,72 Triliun ke BJB
5 Bulan, SMF Kucurkan Pinjaman KPR Rp1,72 Triliun ke BJB
https://4.bp.blogspot.com/-ybv8zc6D1Nk/W9lrKxPRS5I/AAAAAAAAFr0/mFUVQm4SfPkXjBL823vP9cMHvDugsmoegCK4BGAYYCw/s400/20181023_174733-702963.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ybv8zc6D1Nk/W9lrKxPRS5I/AAAAAAAAFr0/mFUVQm4SfPkXjBL823vP9cMHvDugsmoegCK4BGAYYCw/s72-c/20181023_174733-702963.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/10/5-bulan-smf-kucurkan-pinjaman-kpr-rp172.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/10/5-bulan-smf-kucurkan-pinjaman-kpr-rp172.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy