Mengenal Blockchain dan Penggunaannya untuk Masa Depan

TEMPIAS .com, Teknologi Blockchain yang muncul dalam 10 tahun terakhir menawarkan masa depan baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. T...


TEMPIAS.com, Teknologi Blockchain yang muncul dalam 10 tahun terakhir menawarkan masa depan baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Teknologi ini diyakini sebagai solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi di tengah masyarakat saat ini. Meski begitu, belum banyak pihak yang memahami teknologi ini maupun potensi pemanfaatannya di masa depan.


Berikut penjelasan mengenai teknologi ini yang dikutip dari Reuters, Senin, 18/6/2018:


Blockchain merupakan kumpulan data yang terdistribusi di seluruh jaringan komputer. Sekali catatan telah ditambahkan, akan sangat sulit untuk mengubahnya.


Untuk memastikan semua salinan database sama, jaringan membuat pemeriksaan konstan. Saat ini blockchains telah digunakan untuk mendukung mata uang siber seperti bitcoin, tetapi banyak kegunaan lain yang mungkin muncul.


Dalam membangun database, teknologi melakukan perekaman  dan dikelompokkan menjadi beberapa blok. Setiap blok kemudian ditambahkan ke rantai satu demi satu.


Istilah dasar: 

THE RECORD, Dapat berupa informasi apa saja, kesepakatan misalnya

THE BLOCK, Sekelompok catatan RANTAI, Semua blok terhubung bersama


Berikut ini cara transaksi dimasukkan ke dalam blockchain: 


LANGKAH PERTAMA Perdagangan dicatat. Sebagai contoh, katakanlah Mr Pink menjual dua koinnya kepada Tuan Green seharga $ 100. Catatan itu mencantumkan rinciannya, termasuk tanda tangan digital dari masing-masing pihak.


LANGKAH KEDUA Rekor diperiksa oleh jaringan. Komputer dalam jaringan, yang disebut 'node', melakukan pemeriksaan dan rincian perdagangan untuk memastikannya valid.


LANGKAH KETIGA. Setelah pemeriksaan dilakukan, catatan bahwa ada transaksi dalam jaringan yang diterima ditambahkan ke blok. Setiap blok berisi kode unik yang disebut hash.


LANGKAH EMPAT Blok tersebut ditambahkan ke blockchain. Kode hash menghubungkan blok bersama-sama dalam urutan tertentu. Sulit mengubah kode hash. Dengan kode ini maka memberikan keamanan dalam menyimpan catatan.


Kode hash adalah contoh enkripsi. Ini merupakan kode mengacak isi file. Hanya yang memiliki 'kunci' digital yang dapat menguraikannya.



Melihat dua karakteristik penting kode hash: 


Pertama, hash dibuat oleh fungsi matematika yang mengambil informasi digital dan menyamarkannya sebagai kode huruf dan angka yang panjangnya selalu sama.


Misalnya, tweet tidak sampai 300 karakter dari Jack Dorsey jauh lebih singkat daripada buku tebal “War and Peace” oleh Leo Tolstoy, tetapi mereka akan menghasilkan hash dengan panjang yang sama.


SAMPEL (32-BYTE) HASH LENGTH OF @ JACK'S TWEET: c6f7257abff7b43959cd728f06c0c74230391640115cc3ea86a7e54be62aecc4


SAMPEL (32-BYTE) HASH LENGTH OF 'WAR & PEACE': a948904f2f0f479b8f8197694b30184b0d2ed1c1cd2a1ec0fb85d299a192a447


Kedua, setiap perubahan pada input asli akan menghasilkan hash baru. Jadi jika seseorang memutuskan untuk menghapus hanya satu koma dari karya Tolstoy yang mencapai 587.287 kata itu, maka hash akan berubah.


Hash yang diubah merusak rantai. Blok berikutnya dalam rantai masih memiliki hash lama, jadi untuk memulihkan rantai, peretas harus menghitung ulang itu. Dan selanjutnya, dan seterusnya. Menghitung ulang semua hash itu akan membutuhkan daya komputasi yang sangat besar.


Komputer dalam jaringan Tidak seperti buku besar tradisional, database blockchain terdesentralisasi dan tidak memiliki "master."


Kelemahan utama dalam sistem ini adalah kepercayaan. Izin untuk bergabung Tanpa kontrol terpusat dari jaringan. Saat ini untuk sistem yang mengedepankan keamanan, maka aproval dari otoritas menjadi kunci. Namun blockchain seperti jaringan bitcoin terbuka bagi siapa saja. Anggota bersifat anonim.


Tidak ada cara untuk mengetahui apakah mereka dapat dipercaya. Untuk menyelesaikan ini dan membangun kepercayaan, sistem mengatur tes untuk komputer yang berusaha bergabung dan menambahkan catatan ke rantai. Tes ini disebut model konsensus.


Mencapai konsensus : Tes tersebut mengharuskan anggota jaringan untuk 'membuktikan' dirinya dapat dipercaya.


Beberapa cara untuk bergabung dalam sistem:


BEKERJA SEBAGAI PENAMBANG : Untuk menambahkan blok ke rantai, node harus menunjukkan bahwa mereka telah melakukan 'kerja' dengan menyelesaikan teka-teki komputasi yang semakin sulit. Proses ini, yang disebut penambangan, menggunakan banyak daya komputasi. Sebagai imbalan atas pekerjaan mereka, anggota dapat menerima hadiah - token misalnya, atau bitcoin.


BUKTI STAKE :  Peserta membeli token yang memungkinkan mereka untuk bergabung dengan jaringan. Semakin banyak token yang mereka miliki, semakin banyak yang bisa mereka menambang.


Kemungkinan penggunaan : 

Ada banyak hype tentang blockchain, tetapi beberapa penggunaan yang menjanjikan sedang dalam pengembangan.

PERBANKAN Lembaga keuangan telah berinvestasi di blockchain untuk menyederhanakan pencatatan mereka untuk pembayaran.


CRYPTOCURRENCY Blockchains adalah basis bitcoin dan cryptocurrency lainnya.


RANTAI PASOKAN

Dalam bisnis ini, teknologi blockchains dapay membantu merekam perdagangan. Contohnya menawarkan cara untuk memeriksa sejarah suatu produk. Dengan riwayat data yang sulit diubah sebuah perusahaan perhiasan dapat meyakinkan pelanggan bahwa berlian yang mereka jual tidak berasal dari tempat di mana mereka dapat dengan membiayai perang.

KESEHATAN Dengan blockchain, riwayat medis dapat disimpan dan dikendalikan dengan aman oleh pasien.


PEMUNGUTAN SUARA Rekaman blockchain dapat menciptakan pengembalian pemilihan tamper-proof.


CATATAN PROPERTI

Menyimpan catatan aset tanah di blockchain dapat mengurangi biaya penelitian dan asuransi judul yang mahal. Di tempat-tempat yang tidak stabil secara politik, itu bisa membantu membuktikan kepemilikan.

Sumber : Https://graphics.reuters.com/TECHNOLOGY-BLOCKCHAIN/010070P11GN/index.html

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,59,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Properti,1,Startup,32,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: Mengenal Blockchain dan Penggunaannya untuk Masa Depan
Mengenal Blockchain dan Penggunaannya untuk Masa Depan
https://2.bp.blogspot.com/-ZKtwRev1nqw/Wyc0TaGt6UI/AAAAAAAAEgs/p5v4YE8w2ngPzlplKrwmlnBVlm7XqxvDACLcBGAs/s320/glowing-network-sign_1284-3505.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZKtwRev1nqw/Wyc0TaGt6UI/AAAAAAAAEgs/p5v4YE8w2ngPzlplKrwmlnBVlm7XqxvDACLcBGAs/s72-c/glowing-network-sign_1284-3505.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/06/mengenal-blockchain-dan-penggunaannya.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/06/mengenal-blockchain-dan-penggunaannya.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy