6 Bulan Mekar Id Tumbuh 2.200%


TEMPIAS.com, Startup Peer-to-Peer Lending bentukan Sampoerna, Mekar Id melaporkan telah membiayai 17.900 pinjaman hingga pertengahan Juni 2018. 

Pinjaman yang sebagian besar menyasar perempuah itu tumbuh 2.200% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

"Secara total, tahun ini [hingga Juni 2018] Mekar telah menyalurkan lebih dari Rp 43 miliar dalam bentuk pinjaman," jelas perusahaan dalam laman resminya yang dikutip Selasa (19/6/2018). 

Laporan ini juga menyebutkan semenjak Januari 2018 lalu, Mekar telah menyambut sekitar 1.500 funder baru. Para penyedia dana ini diyakini memiliki semangat yang sama besarnya dengan perusahaan untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Dengan kredit yang dikucurkan, Mekar telah menjangkau 68 kabupaten/kota. Para pengusaha UMKM itu berada di Banda Aceh di ujung barat Sumatera sampai ke kota Soe yang indah dan tenang di provinsi Nusa Tenggara Timur di pulau Timor. 

"Usaha-usaha mikro yang telah terdanai di Mekar tahun ini berlokasi di 10 provinsi di Indonesia, dengan lima di antaranya berada di luar pulau Jawa."

Perusahaan juga mengklaim semenjak Mekar didirikan pada 1,5 tahun lalu, para penyandang dana telah menerima seluruh pinjaman yang mereka investasikan. 

"Kami bangga dengan pencapaian ini, namun kami jauh lebih bangga akan para funder kami dan komitmen mereka yang begitu besar untuk berperan dalam menjadikan Indonesia sebuah bangsa yang lebih baik. Pencapaian-pencapaian tersebut juga menjadi sebuah pengingat bagi kami semua di Mekar bahwa masih ada begitu banyak hal yang ingin kami raih, begitu banyak usaha mikro Indonesia yang kami ingin bantu tumbuhkan, jutaan lagi perempuan pelaku usaha yang ingin kami dukung agar berdikari, dan banyak lagi peluang investasi berdampak besar yang ingin kami tawarkan bagi para funder kami," tutup laporan. 



Comments