2023 Pekerjaan Penjualan Diambil Mesin. Pahami Saran Para Ahli Ini...

TEMPIAS .com, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci menghadapi era ekonomi digital yang tengah berlangsung saat ini. Industri 4.0 yang...



TEMPIAS.com, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci menghadapi era ekonomi digital yang tengah berlangsung saat ini. Industri 4.0 yang bertumpu pada perkembangan teknologi, mengharuskan Indonesia untuk mempersiapkan terbangunnya SDM yang handal. Berbagai pemangku kepentingan dari pelaku usaha, akademisi, asosiasi pekerja, pemerintahan dan komunitas, sepakat bahwa ancaman dunia kerja yang akan digantikan oleh mesin dan tekonologi menjadi tidak berarti jika suatu negara mampu membangun SDM yang handal.


Hal ini mengemuka dalam Focus Group Discussion bertema Tantangan Dunia Kerja pada Era Digital Economy yang digelar di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (28/6). FGD yang digelar dalam rangka Voyage to Indonesia 2018 ini diikuti oleh  16 pemangku kepentingan dari berbagai kalangan dan pelaku ekonomi digital.  


Voyage to Indonesia merupakan tema besar dari serangkaian kegiatan sebagai bagian dari persiapan penyelenggaraan dan optimalisasi manfaat Annual Meeting IMF-WBG 2018 di Bali, Oktober 2018 nanti, dimana untuk pertamakalinya Indonesia menjadi tuan rumah.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM) – Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Adriyanto dalam pengantarnya menyampaikan, era ekonomi digital memang akan turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Namu demikian, hal tersebut bukan tanpa tantangan sama sekali.

Menurutnya, kemungkinan kerja yang akan digantikan oleh mesin menjadi tantangan tersendiri. Dengan adanya teknologi sejumlah jenis pekerjaan akan hilang dan persaingan semakin ketat. Kondisi ini menjadi tantangan SDM untuk meningkatkan kemampuannya menyerap teknologi baru. Selain itu, dukungan teknologi juga menjadi hal tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu penguasaan teknologi menjadi kunci dalam persaingan ekonomi dunia saat ini bagi ekonomi nasional.

“Indonesia perlu mempersiapkan SDM berkualitas dan infrastruktur untuk terus meningkatkan daya saing dalam ekonomi global,” tandasnya.

Hal ini juga diamini oleh peserta FGD. Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, inovasi menjadi hal yang harus menjadi perhatian khusus menghadapi perubahan yang terus terjadi. Tanpa itu, Indonesia akan kalah bersaing dengan negara-negara lainnya, terutama Tiongkok.Menurutnya ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memenangkan era digital, antara lain fokus membangun digital infrastuktur dan menjadikan penetrasi internet di Jawa dan di Papua seimbang.


“Sebaiknya pemeritah fokus ke lima sektor saja, yaitu otomotif, tekstil, kimia, makanan minuman dan elektronik. Insentif fiskal juga harus jelas untuk lima ini dan jangan terlalu obral kemudahan. Insentif sebaiknya diberikan untuk perusahaan yang investasi pada mesin high-tech.” ujar Bhima. 

Hal senada juga disampaikan oleh Bayu Prawira Hie, Ketua Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI). Menurutnya, di masa mendatang, manusia dan mesin akan bersaing, terutama dalam lingkup ekonomi.


“Tahun 2023, kerja penjualan mungkin sudah diambil alih oleh teknologi, seperti kita lihat saat ini. Tahun 2030, produksi dan pengoperasian kerja juga demikian. Bahkan di wilayah gagasan, sudah ada apa yang disebut artificial inteligent,” tuturnya.

Trainer  pengembangan Start-Up di Universitas Prasetiya Mulya, Elga Yulwardian, menekankan hal serupa. Kurikulum pendidikan menjadi sorotan pentingnya. Menurutnya, kurikulum pendidikan nasional harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

“Saya pernah mencari 10 orang programer hingga ke Malang, namun hanya dapat dua. Sebaliknya, saya pernah membuka lowongan untuk posisi admin, yang apply mencapai 4 ribu orang lebih,” ungkapnya. Hal tersebut diungkapkannya untuk menggambarkan tentang harus adaptifnya pendidikan nasional, terutama kurikulumnya, terhadap perubahan yang terjadi secara cepat.

Menjembatani hal ini ada banyak yang dilakukan, antara lain sebagaimana dipaparkan Muhammad Fikri, Head Community Management Bukalapak, Bukalapak memberdayakan agar UMKM memiliki akses terhadap ekonomi digital. Pihaknya membantu anggota mengembangkan jaringan, sehingga usaha yang lebih besar membagi pengalaman kepada usaha atau pelapak yang lebih kecil melalui Community Partners.

“Slogan yang digunakan adalah Sukses Sendiri Biasa, Sukses Bersama Itu Luar Biasa. Targetnya agar anggota di kota besar dan kota kecil dapat meningkatkan akses digital, misalnya dari sisi pelayanan, closing transaksi, dan sebagainya. Namun Target ini tentunya membutuhkan dukungan infrastruktur.” Ujar Fikri.

Hal yang paling ditekankan dalam diskusi tersebut adalah bagaimana menciptakan SDM yang mampu menguasai teknologi sekaligus kreatif dan inovatif. Tanpa itu, bonus demografi hanya akan menjadi beban negara belaka.

Selain faktor SDM, faktor infrastruktur, terutama infrastruktur jaringan digital menjadi sorotan penting lainnya. Demikian juga faktor perlindungan pekerja dan konsumen, serta penciptaan iklim bisnis yang sehat juga menjadi hal yang tidak bisa dinafikkan dalam menjawab tantangan dunia kerja era ekonomi digital saat ini.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,59,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Properti,1,Startup,32,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: 2023 Pekerjaan Penjualan Diambil Mesin. Pahami Saran Para Ahli Ini...
2023 Pekerjaan Penjualan Diambil Mesin. Pahami Saran Para Ahli Ini...
https://4.bp.blogspot.com/-cuvMDiV3u3I/Wu02Mkl2AeI/AAAAAAAAABM/EHPjiJ6lCLUd-M5oHP2px4NZFjgpVwDjQCPcBGAYYCw/s640/1525494625653_3.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-cuvMDiV3u3I/Wu02Mkl2AeI/AAAAAAAAABM/EHPjiJ6lCLUd-M5oHP2px4NZFjgpVwDjQCPcBGAYYCw/s72-c/1525494625653_3.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/06/2023-pekerjaan-penjualan-diambil-mesin.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/06/2023-pekerjaan-penjualan-diambil-mesin.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy