Begini agar Berkendara Aman di Bulan Puasa

TEMPIAS .com, Di tengah kewajiban menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, aktivitas harian tentu tak boleh terganggu. Salah satunya ad...


TEMPIAS.com, Di tengah kewajiban menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, aktivitas harian tentu tak boleh terganggu. Salah satunya adalah berkendara. Meski kemacetan sudah menjadi bagian dari rutinitas harian warga perkotaan, namun di bulan Ramadan hal ini harus mendapat perhatian khusus karena puasa berpotensi menurunkan konsentrasi, penglihatan dan reaksi terhadap kondisi dadakan.


Dalam keterangan tertulis Asuransi Astra, Jumat (25/5/2018) disebutkan selama bulan Ramadan, masalah yang paling sering dihadapi saat berkendara adalah kantuk di pagi hari dan kemacetan luar biasa di sore hari. Hanya saja hal ini sering diabaikan oleh para pengendara, sehingga dapat mengakibatkan risiko buruk terjadi. Untuk itu, agar puasa lancar, pekerjaan tak terganggu, dan bisa buka puasa bersama keluarga di rumah, berikut beberapa kiat yang dapat diikuti:

1.     Tidur Cukup

Jika Anda seorang pekerja yang setiap hari harus pergi pagi ke kantor dengan membawa kendaraan, optimalkan waktu tidur Anda malam sebelumnya. Sebisa mungkin hindari kegiatan yang dapat mengurangi waktu istirahat, seperti jalan-jalan atau nonton. Tidur yang cukup dapat menjadi solusi menghindari kantuk saat puasa, sehingga perjalanan ke kantor tetap aman.

2.    Sopan di Jalan

Berusahalah untuk selalu berkendara sopan dan tertib di jalanan. Terutama saat jam-jam padat, hal ini sangat membantu mengurai dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

3.    Kurangi Kecepatan

Kantuk dan lelah dapat mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu, jangan hanya karena alasan agar cepat sampai ke rumah Anda memacu laju kendaraan dengan cepat. Berkendaralah dengan kecepatan wajar dan sesuai kondisi jalanan.

4.    Gunakan GPS

Saat ini sudah tersedia beberapa pilihan layanan pemantau kondisi lalu lintas melalui gawai. Optimalkan fungsinya untuk memantau kondisi jalanan, sehingga Anda dapat memilih rute tercepat untuk sampai ke tempat tujuan.

5.    Kendalikan Emosi

Saat puasa, terutama menjelang berbuka, biasanya Anda ingin sampai tempat tujuan dengan cepat. Banyak dari kejadian seperti ini yang malah menjadi bumerang. Karena ingin sampai tujuan dengan cepat, banyak pengendara yang tidak memedulikan orang lain. Hasilnya, banyak kecelakaan terjadi karena alasan ini. Untuk itu, aturlah emosi Anda saat berkendara. Sabar dan jangan mengumpat saat menyetir.

6.    Lindungi Kendaraan

Meski kelima langkah di atas sudah diterapkan, Anda tetap harus melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraan dari musibah yang tak diinginkan. Karena meskipun sudah tertib di jalanan, bukan tidak mungkin pengendara lain menabrak mobil Anda. Di sinilah pentingnya asuransi yang akan memastikan ketenangan saat berkendara. Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan. Biarkan pihak asuransi yang memperbaiki mobil Anda. 


Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut saat berpuasa, Insyaalloh puasa kita lancar dan berkendara pun tetap aman. Selain itu, kita sudah selangkah lebih baik dalam mengamalkan ibadah dan memaknai arti puasa. Ingat, keselamatan Anda dan keluarga lebih penting dari pada mengumbar emosi. Selamat berpuasa.



COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,59,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Properti,1,Startup,32,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: Begini agar Berkendara Aman di Bulan Puasa
Begini agar Berkendara Aman di Bulan Puasa
https://1.bp.blogspot.com/-ZNvnrm90Tdk/WwfKNOI8xYI/AAAAAAAAAJY/9jEss4bclaICK1tCXKJZkhhs-BrakB9pgCLcBGAs/s320/warning-triangle-in-a-car-breakdown_1216-408.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZNvnrm90Tdk/WwfKNOI8xYI/AAAAAAAAAJY/9jEss4bclaICK1tCXKJZkhhs-BrakB9pgCLcBGAs/s72-c/warning-triangle-in-a-car-breakdown_1216-408.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/05/begini-agar-berkendara-aman-di-bulan.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/05/begini-agar-berkendara-aman-di-bulan.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy