Harga Saham Naik Turun Tajam, Bagaimana Nasib Dana Pekerja yang Dikelola BPJS Ketenagakerjaan

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krisna S. menyershkan santunan kecelakaan kerja. Foto/Istimewa TEMPIAS.COM -- Dalam beberapa ...

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krisna S. menyershkan santunan kecelakaan kerja. Foto/Istimewa


TEMPIAS.COM -- Dalam beberapa bulan terakhir pasar modal Indonesia seperti naik kereta luncur. Setelah indeks harga saham gabungan (IHSG) mencapai rekor tertinggi pada 6.689,28 pada 19 Februari 2018. Pasar terus meluncur turun turun hingga 5.774,72 pada 8 Mei 2018 lalu. Sekarang perlahan naik lagi di atas 6.000

Pertanyaan besar yang muncul kemudian, bagaimana nasib dana jaminan sosial pekerja yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. Bada publik ini merupakan salah satu investor terbesar dalam menempatkan dananya di pasar modal. Tercatat per 31 Maret 2018 dana pekerja yang dikelola mencapai Rp321,19 Triliun. 


Amran Nasution, Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan ditengah kondisi pasar modal yang tidak pasti pihaknya merasa masih mampu mengendalikan situasi. “Di tengah melemahnya kondisi IHSG kami masih dapat tumbuh sebesar 1,23% dari posisi awal tahun 2018. Tentu saja ini didukung oleh pencapaian iuran, dan strategi investasi yang tepat,” ulas Amran melalui keterangan tertulis, Kamis (12/5/2018). 

Dia bahkan mengklaim jika tren menguatnya kinerja pasar modal terus terjaga hingga akhir triwulan I/2018, dana yang dihasilkan seharusnya mencapai Rp327 Triliun. 


Amran berusaha meyakinkan bahwa strategi yang diterapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk menghadapi gejolak pasar modal tepat. Badan melakukan diversifikasi portofolio terutama untuk instrument yang terkena dampak paling minimal atau mendapatkan gain dengan kondisi market seperti saat ini.

“Harapannya Bank Indonesia akan meningkatkan suku bunga acuan, yang akan berdampak positif pada Instrumen Pendapatan Tetap, yaitu Surat Utang dan Deposito, sehingga akan memberikan yield yang lebih menarik. Dan sebagian besar dari portofolio kami, sebesar 71% ditempatkan pada Surat Utang dan Deposito yang mempunyai dampak minimal terhadap gejolak IHSG”, jelas Amran.

Amran menyebutkan posisi 71% tersebut merupakan core portfolio. Dia juga menyatakan akan mengambil kesempatan membeli saham yang jatuh di bawah harga seharusnya dengan strategi  building portofolio. 

“Kami pasti mempertimbangkan pembelian saham dengan valuasi yang menarik, namun tetap menekankan pada kelayakan fundamental, potensi pertumbuhan jangka panjang dan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan governance”, janji Amran.

Amran menyatakan pasar modal Indonesia di masa lalu juga pernah mengalami gejolak, namun BPJS Ketenagakerjaan dapat menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Kuncinya karena portofolio BPJS Ketenagakerjaan memiliki prospek jangka panjang yang baik. Selain itu juga didukung dengan kondisi fundamental Indonesia yang masih positif, sehingga diharapkan tidak butuh waktu yang lama bagi pasar modal untuk kembali pulih.

“Kondisi market tidak dapat kita duga, tinggal bagaimana investor memanfaatkan momentum. Kami optimis kondisi ini akan membaik, IHSG akan kembali menguat  karena kondisi fundamental Indonesia yang masih sangat baik. Marilah kita menjaga dan mendukung percepatan pemulihan pasar modal secara bersama-sama”, pungkas Amran.

COMMENTS

Name

About,1,APP Sinar Mas,1,Asuransi,7,Berita Nasional,10,Bursa Efek,5,Finance,72,Fintech,1,Gaya Hidup,10,Insurance,6,Investasi Ilegal,1,Lifestyle,6,McDonald’s,2,Mudik 2018,1,OJK,1,Peluang Usaha,1,Properti,1,Startup,40,Teknologi,10,wealth management,1,
ltr
item
Tempias: Harga Saham Naik Turun Tajam, Bagaimana Nasib Dana Pekerja yang Dikelola BPJS Ketenagakerjaan
Harga Saham Naik Turun Tajam, Bagaimana Nasib Dana Pekerja yang Dikelola BPJS Ketenagakerjaan
https://2.bp.blogspot.com/-87gwfJGAvBA/WvVDNdf64RI/AAAAAAAAADg/GomkUoaV4cUToiXmpvl36AG8y5VCmWsBgCLcBGAs/s640/IMG-20180511-WA0012.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-87gwfJGAvBA/WvVDNdf64RI/AAAAAAAAADg/GomkUoaV4cUToiXmpvl36AG8y5VCmWsBgCLcBGAs/s72-c/IMG-20180511-WA0012.jpg
Tempias
https://www.tempias.com/2018/05/Dana-Kelolaan-BPJS-Ketenagakerjaan.html
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/
https://www.tempias.com/2018/05/Dana-Kelolaan-BPJS-Ketenagakerjaan.html
true
5763156463227378808
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy